STAR WARS VII: THE FORCE AWAKEN (Review Seorang Newbie)




Star Wars. Saya lupa apakah tayangan ini dulu adalah serial TV atau film layar lebar. Namun yang saya ingat, ketika kecil saya pernah menontonnya di TV. Adegan yang terkenang hingga kini adalah saat pilot wanita ikut dalam pertempuran pesawat luar angkasa. Dengan pesawat berwarna putih dan outfit berwarna seragam, ia bertempur dengan hebatnya. Hingga tidak lagi ia mampu menguasai keadaan; maka hancurlah pesawat yang ditumpanginya akibat serangan musuh. Suasanapun menjadi sedih tak terkira.

Tapi itu dulu. Sekarang, episode layar lebar Star Wars memasuki fase ke-7. Pemeran-pemeran di kala saya masih kecil ketika menontonnya, telah memasuki masa uzur. Han Solo (Harrison Ford) dan Putri Leia Organa (Carry Fisher) sudah beruban dan keriput meski rasa cinta kasih di antara mereka tak pernah ikut uzur. Saya musti mengakui bahwa semenjak tragedi kematian pilot wanita berseragam putih hingga episode ke-6 layar lebarnya, saya tidak mengikuti perkembangan kisah Star Wars. Sama sekali. Jadi, bisa dibilang saya masih newbie mengenai franchise film Star Wars.
Han Solo & Leia. Sumber: http://screenrant.com


Jika mengikuti kisah Star Wars: The Force Awaken ini, tampaknya seluruh galaxy sedang mengalami ketidakstabilan kondisi akibat kegelapan telah menguasai seluruh angkasa. Luke Skywalker, sang Jedi terakhir, lambang dari cahaya, tidak diketahui rimbanya. Maka, Putri Leia yang kini jadi jenderal perang Resistance memberikan misi kepada Poe Dameron (Oscar Isaac) dan robot Droid BB 8-nya mencari peta ke kuil Jedi (dibaca Jedai), tempat kemungkinan Luke Skywalker berada.

Poe yang telah dikepung pasukan Stormtrooper mengorbankan diri, dan melepaskan robot Droid-nya untuk membawa peta yang didapat ke markas Resistance. Meski Poe kalah oleh Kylo Ren (Adam Driver), komandan perang The First Order, serta ditawan, aksi tembak-menembaknya membuka hati Finn (John Boyega) untuk kabur dari Stormtrooper, dan membelot dengan membawa kabur pilot X-Wing tersebut. Malang tak dapat dihindar, Finn kehilangan Poe Dameron setelah pesawatnya terkena misil cahaya dari pesawat induk First Order dan terdampar di planet Jakku. Akan tetapi Finn ditakdirkan bertemu dengan Rey (Daisy Ridley) dan Droid milik Poe di sana. Petualangan menemukan Luke Skywalker pun dimulai.
Sumber: http://screenrant.com
  
Sumber: http://screenrant.com
 
Sebagai newbie, saya tidak mengalami kesulitan mengikuti alur cerita  dari film yang dirilis oleh Disney dan LucasFilm ini. Banyak istilah-istilah seperti The First Order, Stormtrooper, Jedi, Resistance, The Republic Alliance, X-Wing, dan lain sebagainya yang langsung bisa saya identifikasi dan mengelompokkannya. 

Di dalam cerita The Force Awaken ini, Kegelapan di wakili oleh kelompok The First Order yang dipimpin oleh sang Supreme Leader. Dibantu oleh 2 komandannya: Kylo Ren (mantan Jedi), dan General Hux (diperani Domhnall Gleeson) berusaha menemukan posisi sang Jedi terakhir, Luke Skywalker untuk dibunuh dan menguasai Galaxy dengan fasisme dan kegelapan. 
The First Order. Sumber: http://screenrant.com


Berseberangan dengan The First Order, kelompok Resistance adalah pendukung demokrasi dan cahaya, yang dipimpin oleh Jenderal Leia untuk mengembalikan cahaya pada tempatnya. The Resistance berusaha menemukan Luke terlebih dahulu sebelum The First Order. Dipertengahan jalan menuju pencarian, Leia bertemu kembali dengan Han Solo yang bertahun-tahun frustasi dan kabur akibat anak mereka, Ben, telah berpihak pada kegelapan dan mengganti namanya menjadi Kylo Ren. Bersama-sama, mereka berusaha menggagalkan misi The First Order dan menghadapi takdir yang memilukan.

Memang mudah mengidentifikasi dan mencerna istilah-istilah dan isi ceritanya. Tapi menurut saya, kisah The Force Awaken diawali dengan sesuatu yang panjang dan membosankan. Entah karena script-nya, koreografinya, atau akting mereka, yang jelas, tidak ada drama yang berbobot yang meningkatkan adrenalin saya. Flat. Hanya diisi aksi kejar-kejaran picisan. Karena bagaimanapun, Disney dan LucasFilm seharusnya mampu memenuhi ekspektasi penonton mengenai film fantasi Hollywood yang penuh kejutan dan sophisticated dari awal hingga akhir. Bukannya cerita semacam Frozen. Setuju? Apalagi film tersebut dibintangi juga oleh pemeran The Raid, Iko Uwais, dan Yayan Ruhian.

Meskipun demikian, film Star Wars: The Force Awaken ini cukup menghibur dan secara keseluruhan tersaji sangat rapih. Saya pribadi tidak mendapatkan “gigitan” di awal cerita. Tetapi di pertengahan hingga akhir, cerita menjadi semakin berbobot dan menemukan adrenalinnya dengan aksi laga, motion-effect, dan dramanya.

Judul Film   :    Star Wars VII, The Force Awaken
Genre Film :    Fantasy
Produser     :    J.J. Abrams & Bryan Burk
Sutradara    :    J.J. Abrams
Pemeran     :    Harrison Ford, Mark Hammil, Carrie Fisher, Adam Driver, Daisy Ridley, John Boyega, Oscar Isaac, Lupita Nyong’o, Andy Serkis, Domhnall Gleeson
Produksi      :    Disney & LucasFilm

Komentar

Postingan Populer