EXPERIENCE PERTAMA MENGEKSPLORASI ZENFONE 4 MAX PRO ZC554KL

ZenFone 4 Max Pro ZC554KL hadir di Indonesia semenjak Agustus 2017 lalu. Kelebihan dari gadget ini dari segi kekuatan baterai dan kameranya. Saya berkesempatan mencobanya.
Via Youtube

Asus sebagai perusahaan teknologi hardware asal Taiwan mengeluarkan tipe smartphone ZenFone baru, bernama ZenFone 4 Max Pro ZC554KL. Jelas sekali kalau target konsumen meraka adalah kalangan milenial dari strata menengah. Harganya dipatok Rp 2.999.000, dengan keunggulan baterainya yang kini di charge menjadi 5000 mAh, serta kamera belakangnya disisipkan dual camera. Interesting!

Saat dikeluarkan dari box saya menyaksikan sebuah benda berwarna hitam berukuran 154 x 76.9 x 8.9 mm; tampak elegan, premium, dan solid digenggam. Orang-orang di sekitar saya mengatakan handphone ini bisa on selama aktif digunakan hingga 2 hari. Kameranya pun tertanam tiga: satu di depan dengan kekuatan 16 megapixels, dan dua di belakang dengan masing-masing 16 megapixels dan 5 megapixels.

Saat dinyalakan sekitar 10 menit dengan kondisi kamera dihidupkan, bagian belakang casing ZenFone 4 Max Pro ZC554KL yang saya genggam sudah terasa hangat. Saya perhatikan angka metrik baterai masih pada 100 persen. Saya pun kembali mengeksplorasi pemandangan dan kegiatan di sekitar Taman Kodok, Jakarta.

Awalnya saya agak bingung dengan pilihan-pilihan di layar saat fitur kamera diaktifkan. Ada tiga pilihan fitur : normal, beauty, dan pro. Dalam persepsi saya, fitur beauty pasti untuk kegiatan selfie. Saya bukan tipikal seperti itu, jadi saya skip dan fokus pada panorama dan kegiatan yang penuh gerak.

Tanpa basa-basi, saya langsung hadapkan kamera belakang utama ke sumber cahaya. Sering sebagai blogger, kamera handphone saya bermasalah kala memotret di kondisi seperti ini. Namun, kemampuan adaptasi kamera utama ZenFone 4 Max Pro ZC554KL cukup baik. Kamera utamanya yang berkekuatan 16 megapixels itu saya akui lumayan bagus dalam pengambilan gambar outdoor yang dipenuhi cahaya.

Setelah puas mengambil beberapa angle normal, saya kemudian beralih ke kamera satunya lagi. Saya usap layar handphone lalu muncul di layar sebuah notifikasi "Ultra Wide-Angle". Karena penasaran, saya hadapkan lagi kamera ke sumber cahaya. 

Dilihat dari kemampuan menangkap cahaya, fitur kamera "wide-angle" dari ZenFone 4 Max Pro ZC554KL masih tetap bagus. Namun yang lebih menyenangkannya lagi, perspektif gambar di layar tampak lebih lebar dan luas. Hal ini cukup membantu saya sebagai blogger, karena tangkapan gambar yang luas akan memberikan cerita yang lebih banyak pastinya.

Kerapatan pixels gambar pada kamera "wide-angle" ZenFone 4 Max Pro ZC554KL sangat kecil dibandingkan kamera normal. Kekuatannya hanya 5 megapixels. But, who care! Terkadang nilai pixels tidak terlalu mempengaruhi hasil gambar. 

Saya kemudian pindah ke spot lain di sisi kiri Taman Kodok di komplek Taman Menteng, Jakarta. Di sana tumbuh bunga-bunga yang saya tidak kenal. Saya pun mendekatkan objek bunga dengan kamera. Sampai di sini saya tidak mengalami pengalaman yang excited, karena hasil dan kualitas gambar hampir sama dengan yang sebelumnya. Saya lanjut mencari bahan eksplorasi baru di spot lain.
Hasil Kamera Wide-Angle


Setelah sekitar dua jam ZenFone 4 Max Pro ZC554KL dan kameranya saya hidupkan, metrik baterai kini berubah ke angka 93 persen. 

Di seberang Taman Kodok banyak orang beraktivitas olahraga. Ada yang olahraga basket bersama-sama, ada juga yang bermain sepakbola. Saya langkahkan kaki memasuki Taman Menteng, Jakarta.
Kecepatan pengambilan gambar still ZenFone 4 Max Pro ZC554KL

Mulai di sini saya penasaran dengan fitur kamera pro milik ZenFone 4 Max Pro ZC554KL. Saya pernah sedikit belajar teknik fotografi yang disebut panning. Pada foto panning akan dihasilkan gambar dengan latar yang bergerak, namun objeknya tampak still.

Dikarenakan kondisi yang cerah, saya tidak ingin mengatur terlalu banyak fitur kameranya. Fokusnya saya buat auto, dan ISO-nya 100. Kamera pun saya arahkan ke objek terdekat ke pemain. Saat pemain akan hendak bergerak, saya usap shutter sekitar satu detik lamanya, dan melakukan gerakan kecil pada handphone mengikuti sang objek. Hasil pertama menunjukkan adanya kemungkinan panning image yang saya inginkan. Saya pun penasaran ingin melakukan beberapa eksperimen lagi.
Hasil pertama mengindikasikan kemungkinan Panning Image

Saya tidak peduli meski para pemain sedikit terganggu dengan aktivitas eksperimen ini. Saya terus-menerus mendekati para pemain untuk mendapatkan gambar yang saya inginkan. Namun, hasilnya memang tidak akan sebaik kamera pro DSLR. Gambar yang tertangkap adalah gambar bokeh alih-alih panning. Namun gambar bokehnya cukup bagus dan hidup. Saya malah senang. Aneh, bukan?
Hasil terbaik yang saya dapatkan dengan fitur kamera Pro ZenFone 4 Max Pro ZC554KL

Setelah cukup dengan eksperimen aktivitas olahraga, saya berkeliling komplek Taman Menteng yang luas menghabiskan waktu memotret, mengedit gambar, sholat di masjid Al Hakim,dan mengambil video, hingga tidak sadar sudah pukul lima sore lewat tiga puluh menit. Kembali saya memantau metrik baterai ZenFone 4 Max Pro ZC554KL. Angkanya kini pada level 77 persen.

Sebenarnya, saya pribadi tidak terlalu peduli dengan bahasa  'kecap' Marketing Mix suatu produk (kecuali pada bagian harga). Saya lebih percaya kepada experience, bagaimana pengalaman saya memberikan kesimpulan atas gadget yang digunakan; kontribusi apa yang saya bisa lakukan sebagai blogger bersama handphone ini. 

Pada kesimpulannya, ZenFone 4 Max Pro ZC554KL saya beri nilai 3,5 dari total 5 sempurna. Kemampuan kameranya memang jauh dari kata pro apalagi dibandingkan DSLR. Tapi "ultra wide-angle" miliknya men-drive rasa penasaran saya untuk mengeksplorasi banyak hal dan kejadian. Kecepatannya mengambil gambar juga lumayan bagus, begitupun kualitas still-nya. Terkadang saya memainkan fitur kamera pro untuk melihat sejauhmana teknik fotografi dapat terakomodasi di kamera smartphone ini, meski hasilnya hanya bokeh. But, it's quite good, tho. 

Berikut hasil rekaman video menggunakan ZenFone 4 Max Pro ZC554KL:

Untuk spesifikasi lebih lengkap, kalian dapat meng-klik tautan berikut :

Komentar

Perempuan November mengatakan…
belum pernah pakai ASUS. eh itu tahan 2 hari dalam kondisi paket data aktif kah?! hebat juga kalau iya. cocok buat yang hobi traveling, jadi nggak usah khawatir baterai low :)
ikhsan keren mengatakan…
Memang recommended buat travel sih mba, salah satunya.
@atanasia_rian mengatakan…
emang bagus banget ASUS ini, fotonya bikin TOP banget. AKu seneng kalau difotoin pake ini, momentnya bisa ke captured dengan baik. Semoga bisa segera meminangnya ahhh
ikhsan keren mengatakan…
hahaha..aamiien. Semoga waktunya dipercepat.
Miftaahul Jannah mengatakan…
To be honest, saya sangat teramat bingung mengikuti series asus phone. Tapi pas baca review di atas saya jadi ingin mengenal asus lebih baik wkwkw. Kalau dinanding sama asus zenfone selfie pro bagusan mana ya kameranya kira-kira?
Tomi Purba mengatakan…
Saya dulu pernah tertarik beli hape Asus, tapi setelah banding²in akhirnya pake Asus tp untuk laptop aja hehe.. masalah hape tetep siomai hehehe
ikhsan keren mengatakan…
Tergantung kebutuhan si mba, sebenarnya. Gadgetnya mau fungsikan sbg apa? Setau saya selfie pro lbh mahal dr yg saya review ini.
ikhsan keren mengatakan…
Pilihan emang beda2 si mas hha. Saya tertarik hp ini Krn harga & mobilitas nya.
fajar siagian mengatakan…
kok rasaya jadi pengen beli yang baru lagi ya. tapi ap daya nunggu waktunya tiba aja dulu
William Giovanni mengatakan…
Cukup bagus dalam hal fotografi, sekalipun ada saja tentu kekurangannya. Dari sisi baterai yang menjadi sektor unggulan, tentunya sangat cukup untuk menunjang produktivitas.
Rinda Gusvita mengatakan…
Wow. Keren ya. Kalau jalan2 mah bawa ini aja. G usah nenteng kamera segede gaban.
unizara dotcom mengatakan…
Sy blm pernah pake Asus
Kmarin beli yg spek rendah tuk nelpon dan WA
Pengin sih nyoba yg spek tinggi dgn kamera bagus, tp ntar aja deh..nunggu hp lama minta ganti
ikhsan keren mengatakan…
Yup. Betul sekali.
ikhsan keren mengatakan…
Saya doakan segera diberi rejeki yang cukup untuk beli Zenfone 4 pro. Aamiin
ikhsan keren mengatakan…
Apalagi kalau buat cari berita mba. Beuuh, mantap!
ikhsan keren mengatakan…
Jangan kelamaan mba, karena kejadian yang punya nilai berita datang tak kenal waktu. ~hasyah!
Rhoshandhayani KT mengatakan…
Uwaaaa harusnya nyobain fitur selfie...
Katanya yang selfie bening banget yaaa
Btw katanya autofocusnya juga bagus yaaa...
Sama itu sih, panningnya ternyata keceh banget ya
Serupa DSLR tipis2 lah yaa


Wihiii aku yo mau asus yang ini.. Maunya dikasih sih 😁😁😁
ikhsan keren mengatakan…
Autofokusnya emang bagus. Panningnya juga hampir jadi.

Kalau gratis..saya juga berharap mba. Hahaha
Jiah Al Jafara mengatakan…
Asus sering banget ngeluarin seri baru. Satu aja blm kebeli, hehehew

Paling suka kalau bisa ngambil gambar dg objek gerak. Sering ngeblur, tp kdg bs berhasil walau enggak sempurna
ikhsan keren mengatakan…
Teknik foto itu ada banyak si mba. Saya sering penasaran kl ada embel2 kamera Pro pd suatu tipe handphone. Makanya saya mau liat sejauh mana Zenfone 4 pro ini bisa akomodir teknik2 fotografi. Hasilnya sih baru yg di atas. Mungkin akan ada banyak lg hasilnya. Tunggu tgl mainnya.
Rindang Yuliani mengatakan…
Wah, kamera depannya 16 mp. Puas bgt selfie kalau begini. Zenfone memang sepertinya lagi naik daun ya. Tak salah kalau spesifikasinya kece begini.
Unggul Sagena mengatakan…
AKu memang penasaran dari dulu dengan produk asus terutama Zenfone. Tahan banting dan bagus bagus. Belum kesampaian nih. Mungkin kalau ada undangan Asus bakal berani coba2 ^^ aamiin
sally fauzi mengatakan…
Wow 16mp...ini cocok buat emak2 zaman now yg hobi selfie hahahaha


Buat saya pribadi, Asus Zenfone 4 ini menjadi wishlist saya di tahun depan. Penasaran sama kamera dan batereinya yang tahan lama
Dikki Cantona Putra mengatakan…
zenfone 4 max pro ini ajib masalah battreinya gan klo kameranya sih menurut gue pribadi ya standart lah mas. tp klo gua punya ini hape pas bgt bisa buat ngegame seharian haha
Hillman Graha mengatakan…
Kalau aku liat sih, zenfone 4 max pro ini baterainya yang unggul tapi untuk spesifikasi lain masih kurang jika menilik harga. Mungkin penamaan pro di seri ini berlebihan sih kalau kata aku, karena pro umumnya mengacu sama spesiifkasi kelas atas atau agak tinggi. hehe tapi overall, hape ini cukup bagus buat pengguna yang butuh baterai tahan lama
Amanda Desty Yunistyani mengatakan…
namanya lumayan panjang yaa ZenFone 4 Max Pro ZC554KL susah hafalinnyaaa 😂 aku belum pernah pakai asus. tertarik banget sama batrenya yg 5000 mah. aku punya hape 4000 mah aja udah lumayan awet bgt dan jarang bolak balik ngecharge. bagaimana kalau pakai yg 5000 mah ini. wah cakep bgt dibawa traveling nih. apalagi fitur kamera yg ada wide angle nya. kamera depannya 16 mp pula. bagus pasti buat ngevlog gausah make kamera lagi ini maaah. trus harganya juga 3 jutaan yang menurutku engga terlalu mahal kalau disanding dengan fitur2nya yg kece. ah tuh kan jadi pengen ganti hape 😣😣😣
yulia julayjo mengatakan…
Memang mantap hasil kamera wide angle zenfone 4 ini... Tapi buat saya pribadi, entah kenapa lebih tertarik dengan zoom atau 3maxnya..
Nurul Fitri Fatkhani mengatakan…
Beberapa hari ini linimasa saya, banyak postingan tentang zenfone 4. Langsung tertarik lihat hasil foto teman-teman. Jernih dan beniing.
Kameranya pasti bagus ya...apalagi ada kemampuan mengambil gambar dengan cepat. Bener-bener buat penasaraaan...
Liza Fathia mengatakan…
Asus zenfone memang keren banget ya. Aku juga pake asus Dan hasil fotonya kece.
ikhsan keren mengatakan…
Pastilah puas buat selfie, bagi yg senang.
ikhsan keren mengatakan…
^^ aamiien
ikhsan keren mengatakan…
Baru tau mba kl emak2 jaman now gandrung selfie
ikhsan keren mengatakan…
Kl menurut saya sih, kamera gak standar bgt. Agak ada peningkatan sedikit.
ikhsan keren mengatakan…
Yup, penamaan pro agak kurang ngena. Tapi secara niat sih udah pas, karena adanya perubahan sedikit dr kemampuan kamera. Kl dikembangkan lg malah bisa jd fenomena baru di dunia kamera smartphone. Kita liat nanti.
ikhsan keren mengatakan…
Beli! Beli! Beli!
Hahaha..serasa jd provokator 😎
ikhsan keren mengatakan…
Beli! Beli! Beli!
Hahaha.. marketing abis.
ikhsan keren mengatakan…
Lumayan si mba
Hasil fotonya kayanya kurang jelas di blog ini. Mungkin kena kompres ya. Suamiku pake asus dan paling disukai adalah beautification wkwkwk
ikhsan keren mengatakan…
Tergantung selera masing-masing mba. Haha. Bisa jd kegemaran suami mba pada fitur beautification justru memberikan penghasilan. Ya kan? Karena yg saya tekankan ttg experience dan kontribusi sbg blogger.

Postingan Populer