Navigation Menu

7 SPOT INSTAGRAMABLE JAKARTA FAIR KEMAYORAN 2018

Allahu Akbar. Allahu Akbar. Allahu Akbar."
"Laa ilaaha ilallahu wallahu Akbar. Allahu Akbar, wa lillahilhamd."

Kumandang takbir di langit telah berlalu. Hari kemenangan masih terasa. Di kampung-kampung, di jalanan Jakarta yang ditinggal pergi sementara, serta di rumah-rumah yang penghuninya tidak memiliki agenda mudik tahun ini.

Tahun ini libur lebaran begitu panjang. Suatu nikmat yang perlu disyukuri bahwa warga Indonesia dapat berlama-lama silahturahmi dengan keluarga; menikmati sajian khas makanan turun-temurun. Biasanya, akan berlanjut dengan menikmati jalan-jalan keliling kampung.

Tapi bagi warga kota yang tidak memiliki kampung kecuali Jakarta berwisatanya gak jauh-jauh dari kebon binatang, pantai ancol yang berbayar, taman mini, atau ke tempat yang biasanya dari tahun ke tahun dikunjungi.

Gak masalah sih, karena tempat tersebut memang ikonik banget. Sayang kalau dilewati begitu saja, apalagi bersama keluarga.

Justru di tahun ini, saya ingin kembali mengingatkan bahwa ada pameran milik kota Jakarta yang disebut sebagai terlama, terbesar, dan terlengkap di kawasan Asia Tenggara. Yup, Lebaran tahun ini berbarengan dengan hadirnya Jakarta Fair Kemayoran.

Pameran yang dulu disebut sebagai Pekan Raya Jakarta dimulai pada tahun 1967. Dikarenakan bertepatan dengan kehadiran Ramadhan dan libur Lebaran, PRJ akan dibuka lebih lama: 40 hari ke depan hingga 1 Juli besok.

Jadi, para warga yang tidak mudik, maupun yang pulang mudik, tidak akan ketinggalan menikmati serunya festival yang ditargetkan menghimpun 7 trilyun total transaksi itu. Besar sekali, ya. Tentu saja. Hal ini dikarenakan Jakarta Fair Kemayoran sudah menjadi bagian dari kebanggaan warga ibukota.

Sebenarnya, Jakarta Fair Kemayoran itu tidak hanya mengeksploitasi diskon gede-gedean aja loh. Barang-barang berkualitasnya memang keren. Potongan harganya sadis. Ceceran voucher-nya ada di mana-mana. Tapi, kalian harus tahu kalau ada spot-spot bagus buat kita, para pengunjung, berswafoto ria.

Saya sudah menghimpun beberapa gambar dari para nara-blog terkenal se-Jakarta untuk disajikan khusus dalam artikel saya. Yuk, cekidot..

1. Dunia Pesta Bola

Area ini khusus disediakan penyelenggara berkenaan hadirnya event olahraga sepakbola internasional, Piala Dunia Rusia. Berlokasi di kawasan Gambir Expo, Dunia Pesta Bola menjadi area khusus yang pas buat ber-selfie. Dummy dan letaknya sangat asik. Posisinya sendiri dekat dengan danau parkir zona biru.

Dunia Pesta Bola ditujukan untuk memberi tempat bagi seluruh masyarakat, khususnya di wilayah Jakarta dan berbagai kalangan menyaksikan seluruh pertandingan Piala Dunia tahun ini. Total penayangannya 64 pertandingan yang dilakukan secara langsung dari Rusia.
Sumber : Facebook Andik Irwanto

Selain itu, panggung utama juga disediakan penyelenggara. Layar raksasa terpampang di atasnya serta akan menghadirkan berbagai musisi dalam negeri demi menghibur pengunjung. Selain itu terdapat cosplay, kabaret, wahana permainan untuk anak-anak, food bazaar, dan stand merchandise.

2. Gedung Pusat Niaga

Gedung ini berada di gerbang loket 9 JIExpo. Posisinya berada di paling selatan Arena Pekan Raya Jakarta. Pusat Niaga menjadi gedung yang menghadap langsung ke arah kegiatan berlangsungnya pameran terbesar tersebut.

Gedung Pusat Niaga terdiri dari lima lantai. Di dalamnya terdapat merchant department store, sponsor, dan barang-barang olahraga. Kaum hawa pasti akan lebih menyukai isi di dalam gedung ini karena terdapat banyak perlengkapan rias wanita untuk mempercantik diri. Apalagi mengingat potongan harga, cash back, dan lain sebagainya yang menguras nalar pikir.
Dokpri

Tapi, siapa sangka di lantai 2 gedung Pusat Niaga terdapat spot instagramable. Letaknya berada di sisi utara kaca gedung. Disana terdapat tempat beristirahat dengan susunan kursi dan meja. Kacanya tembus menghadap lapangan yang dipenuhi tenda-tenda merchant. View-nya yang begitu membuka pikiran sangat bagus untuk diabadikan. Coba deh.

3. Hall C, Anjungan Provinsi

Pintu masuk anjungan berada di Hall C.1. Posisinya mudah ditemukan karena berada di seberang stand merchant Kawasaki. 
Begitu masuk pintunya pengunjung dapat menyaksikan backdrop dengan gambar ondel-ondel. Khas Betawi banget. Selain itu, banyak juga pengunjung yang mengambil gambar dirinya di sana.
Dokpri

Makin ke dalam, suasana makin semarak karena banyaknya stand-stand yang berhubungan langsung dengan Pemda DKI Jakarta, seperti : MRT Jakarta, JakPro, RPTRA, Panggung budaya, bahkan atribut Asian Games 2018 ikut meramaikan anjungan. Tinggal pilih saja mau selfie di mana. Hasilnya gak akan mengecewakan.

4. Pasar Malam

Area Pasar Malam ini sejatinya pusat kuliner lokal-tradisional. Namun, selain kuliner terdapat juga wahana rumah hantu yang menggodok adrenalin. Seru deh. 
Sumber : Facebook Achmad Humaidi

Tapi, sebelum masuk ke area pasar, jangan lupa foto-foto bareng teman atau keluarga. Booth-nya banyak tersedia dalam berbagai macam konsep yang lucu dan seru untuk diabadikan.

5. Panggung Utama

Panggung utama ini area musik utama yang disajikan pihak penyelenggara. Panggungnya luas dan tersedia area kosong kala sore untuk diabadikan secara sendiri atau bersama-sama.
Sumber : Facebook Ruslan

Saya sih memberikan saran untuk ber-selfie atau wefie di area ini saat sore. Karena, saat malam sudah pasti penuh pengunjung akibat ratusan artis dan band papan atas akan menampilkan kebolehannya di atas panggung.

6. Stand Korean Food

Penggemar K-Pop boleh berbahagia atas kehadiran the one and only, The Korean Food stand. Tempat dimana uang kalian bisa diinvestasikan demi menikmati pengalaman nikmatnya kuliner asal negeri ginseng tersebut.

Satu-satunya stand yang menyuguhkan budaya luar negeri ini menghadirkan banyak hal yang menggoda selera. Hal ini nampak dari antusias pengunjung yang rata-rata berjenis kelamin perempuan. Kalaupun tidak, yang datang adalah pasangan-pasangan muda.
Sumber : Facebook Valka Kurniadi

Selain menu makanan, Korean Food juga menyediakan Hanbok untuk digunakan pengunjung berswafoto bareng teman.

7. Stand Nikon

Nikon corporation atau cukup disebut Nikon adalah perusahaan multinasional yang berpusat di Tokyo, Jepang. Spesialisasi produk Nikon pada Product imaging dan optik; salah satu produk terkenal di seluruh dunia.
Sumber : Facebook Luthfi Kurniawan

Pada kesempatan kali ini, Nikon ikut memeriahkan Jakarta Fair Kemayoran 2018. Salah satu sudutnya dihias sedemikian rupa sehingga menarik perhatian pengunjung berpose dengan latar instagramable.

Tertarik? Yuk, dicoba! 

Note : 
Libur lebaran 11 - 20 Juni Jakarta Fair buka dari 10.00 - 23.00  Wib

Kecuali malam takbiran dari 10.00 - 18.00 dan lebaran hari pertama dibuka jam 14.00 - 23.00 Wib

1 komentar:

himawan sant mengatakan...

Meriah bener display stand Nikon ... kayak 'hujan lampu' ..
Cakep buat lokasi foto seru.