PERKAYA KHAZANAH DEKORASI RUMAH DI INDONESIA PROPERTI EXPO 2019


Semenjak hebohnya isu bisa-tidak nya rumah DP 0% diterapkan di Jakarta, saya justru memilih untuk mencari properti di luar ibukota. Saya memang lahir dan di besarkan di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Saya salah satu ahli waris lahan tanah dan bangunan seluas 200 meter persegi. Tapi, ada bagian dari diri saya yang haus akan ketenangan dan kedamaian.

Kesempatan untuk tinggal lama di luar kota saya dapatkan ketika menjadi relawan kemanusiaan bagi korban bencana gempa di Lombok. Saat itu, saya tinggal di pos koordinasi yang berlokasi di kabupaten Lombok Utara, selama 4 bulan. Awalnya, sempat homesick. Tapi kemudian saya temukan apa yang saya cari selama ini : pemandangan yang asri, ketenangan, kebersamaan, penerimaan, dan harga tanah yang murah.

Ilustrasi properti 

Ya, murah. Saat properti tanah di Jakarta berlomba-lomba dihargai per meter, di Lombok hanya dihargai lima juta rupiah per are; yang paling murah. Sebagai informasi tambahan, satu are itu setara dengan 100 meter persegi.

Jangan salah persepsi dulu. Maksud saya berbicara seperti ini adalah untuk menstimulasi pemikiran kita mencari properti sesuai kebutuhan pribadi masing-masing. Setiap orang punya keinginan yang berbeda; begitu pun mencari tempat tinggal.

Lanjut!

Ada Keseruan di Indonesia Properti Expo 2019

Jika properti dinilai sebagai sebuah investasi, memiliki tempat tinggal di Jakarta adalah salah satu yang menguntungkan. Di sinilah perputaran duit seluruh Indonesia bermuara dan terjadi. Dikarenakannya, nilai harga properti Jakarta senantiasa naik dengan cepat. Melihat peluang tersebut, kehadiran pameran properti sangatlah membantu kebutuhan warga Indonesia mencari sarana tempat tinggal di tengah-tengah kota megapolitan ini.

Indonesia Properti Expo merupakan pameran yang rintis sejak tahun 1992. Pameran ini terus berkelanjutan dan berkesinambungan diadakan reguler tiap tahunnya.

Sumber : Indonesia Properti Expo


Sebagaimana melanjutkan pameran di tahun-tahun sebelumnya, pameran ini merupakan langkah yang baik dan konsisten dalam menetapkan sarana wahana strategis untuk berkomunikasi, bersosialisasi, dan berpromosi bagi seluruh produk properti di Indonesia.

Pameran ini juga memiliki fasilitas penunjang lainnya, seperti jasa layanan pembiayaan perbankan, terutama sekali dalam hal ini adalah layanan KPR, KPA bagi masyarakat konsumen Indonesia. Dalam mewujudkan itu, Bank BTN masih setia menjadi official bank yang bekerjasama dengan kita dalam menunjang layanan perbankan.

Saat kunjungan saya ke area expo di Jakarta Convention Center Hall A-B, antrian pengunjung umum mulai memadati halaman depannya. Kedatangan saya selaku blogger mencari meja registrasi khusus bagi komunitas kami di sana. Saya kemudian menanyakan salah satu kru yang mengisi meja khusus, yang kemudian mengarahkan saya beserta teman-teman lain ke pintu yang terletak di sisi selatan bangunan.

800-an proyek properti diperjualbelikan di dalam sana. Begitu kami masuk, berbagai macam katalog menyerbu dari segala penjuru. Para pekerja properti yang menawarkannya beraksi seakan-akan kami adalah teman dekat yang akan memberikan solusi terbaik mendapatkan sarana tempat tinggal di kisaran Jabodetabek. Penawarannya dimulai dari DP 0%, kemudahan cicilan, dan harga kredit yang dimulai dari nominal satu juta rupiah lebih. Menarik, bukan?

Sumber : Inapex.co.id

Teman saya saja langsung tergiur ketika saya arahkan dia untuk hadir ke pameran tersebut. Dia masih bujang dan sangat terobsesi untuk membangun masa depan sebelum menikah dengan memiliki properti berupa unit apartemen. Lokasinya juga tak mau jauh-jauh dari kisaran Jakarta dan Bekasi. Tepat kiranya pameran ini menolong kebutuhan teman saya tersebut.

Dekorasi Ramah Instagram?

Selain kesempatan berinteraksi langsung dengan agen properti seluruh Jabodetabek, pameran ini juga diisi dengan kegiatan hiburan dan seminar seputar interior dan eksterior. Seperti halnya talk show dan blogger gathering bertema “Dekor Rumah Ala Instagram” yang digelar pada 3 Februari 2019 lalu. Para blogger berinteraksi dengan pemateri yang juga seorang influencer di bidang dekorasi interior, pemerhati media sosial, dan fotografi; Irma Alaydrus dan Adelya.

Dokpri


Berburu pemandangan instagramable kini mengerucut ke sudut-sudut ruangan rumah. Orang menjadi sangat narsis dengan hasil karya mengatur tampilan interior rumahnya ke para hadirin. Tapi, mendekor rumah yang ramah instagram punya tipsnya tersendiri. Kesimpulan yang didapat, setidaknya ada dua fokus yang musti diperhatikan. Diantaranya:

  1. Referensi interior dan eksterior yang cukup
  2. Memiliki teknik dasar fotografi

Di zaman serba informatif, apa yang gak bisa dicari referensinya? Semua ada. Gadget murah. Tinggal klik, lalu swipe kanan, swipe kiri; geser atas, geser bawah. Mudahlah dicari. Begitu juga konsep dekorasi rumah. Segalanya tersedia di internet. Mulai dari perabotan, tren warna cat, feng shui (bagi yang percaya), dll.

Adelya, sebagai influencer di bidang interior dan ekterior juga menyarankan untuk memperkaya wawasan kita mengenai dekorasi rumah dengan menyaksikan program-program televisi. Hal ini karena selain menambah pengetahuan akan menstimulasi ide di dalam otak. Wanita pecinta hujan itu mengakui bahwa beberapa ide konten di akun Instagramnya terinspirasi dari program tv.

Ada banyak referensi tema dekorasi rumah yang dimiliki Adelya ini. Namun di kegiatan kemarin ia menampilkan 4 pilihan style :

  • Minimalist. Dalam arsitekturnya terdapat elemen-elemen desau yang mempertegas akan nilai-nilai kesederhanaan. Bentuk geometris dasar. Elemen tanpa dekorasi. Bahan sederhana dan pengulangan struktur mewakili rasa keseragaman. Bagi Minimalist, kualitas sangat penting. Oleh karenanya, pergerakan cahaya pada bangunan mengungkapkan ruang yang sederhana dan bersih.
Ilustrasi : Minimalist Style

  • Japanese. Desain interior yang diadopsi dari kebanyakan rumah di Jepang. Desain mereka dikenal karena kombinasi kesederhanaan, ketelitian, dan kecanggihannya. Meski mirip dengan Minimalist, keindahannya terletak pada kultur budaya yang diusung, sehingga menjadi salah satu perwujudan style minimalist terbesar di dunia.
Ilustrasi : Japanese Style

  • Boho (Bohemian). Dekorasi Bohemian adalah style yang dipenuhi dengan kehidupan, budaya, dan barang-barang yang menarik perhatian mata dan indera lainnya. Estetikanya terletak pada sensibilitas modern dan merangkul keriangan, rasa santai, namun “tidak biasa”.
ilustrasi : Boho Style

  • Industrial. Style ini lebih dikenal karena unsur maskulinnya yang kuat. Gaya ini mengacu kepada tren estetika dalam interior yang mengambil petunjuk dari pabrik-pabrik tua, dan ruang industri yang dalam beberapa tahun terakhir telah dikonversi menjadi loteng dan ruang ekspresi.
Ilustrasi : Industrial Style


Berbeda dengan Irma Alaydrus yang menyukai gaya interior Skandinavian. Ia mengaku mulai menyukainya tatkala melihat desainnya di Instagram. Yang paling khas dari interior Skandinavian adalah tone dasarnya yang berwarna abu-abu dan biru. Biasanya akan ditambahkan warna putih untuk memperkuat kesan keleluasaan pada ruangan.

Ilustrasi : Scandinavian Style

Kegandrungan Irma Alaydrus akan fotografi menjadikannya pembicara yang khusus bahas menjadikan ruangan di dalam rumah instagramable.

Meski memiliki kegemaran style interior yang berbeda dengan Adelya, ia memiliki tips yang sama tentang pencahayaan. Fotografi itu tentang bagaimana mengatur pencahayaan. Kadar cahaya yang cukup pada ruangan akan memberikan kesan yang hangat. Sehingga menjadikan rumah terasa akrab sekaligus indah.

Ilustrasi : Pencahayaan alami pada ruangan

Namun yang paling penting tentang pencahayaan adalah pilihlah pencahayaan alami. Masuknya sinar matahari ke dalam ruangan bisa dimanfaatkan untuk pemotretan demi kebutuhan konten Instagram. Cahaya lampu mungkin bisa mendukung kebutuhan tersebut. Akan tetapi, Irma Alaydrus punya alasannya sendiri, bahwa sebanyak apapun lampu yang menyala tetap tidak akan bisa mengalahkan keindahan pencahayaan alami.

Komentar

hungryworm__ mengatakan…
numpang share ya min ^^
Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
hanya di D*E*W*A*P*K
dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

Postingan Populer