Tipologi Pria Merawat Kulit Wajah dan Solusi Praktis NIVEA MEN Creme

Sifat laki-laki itu pada dasarnya ingin terlihat berguna di hadapan orang lain. Itu makanya mereka sangat fokus dengan hobi dan pekerjaannya. Jadi, jangan bingung kalau mereka bisa membuang-buang uang untuk perihal yang bagi orang secara umum “gak penting”. Mereka, kaum Adam, punya insting di sana : di bidang yang mereka geluti itu.

Kaum pria memang kenakan-kanakan. Mereka justru membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Seperti contohnya persoalan merawat kulit dan wajah, di mana mereka sangat abai. But deep inside their head, they care

Di dalam otak mereka sebenarnya terdapat bisikan untuk melakukan perawatan kulit. Hanya saja gaungnya gak sebesar egonya. Padahal, umum diketahui bahwa kulit pria lebih tebal 15 hingga 20 persen dibandingkan perempuan. 
Ilustrasi : Laki-Laki adalah mahluk kekanak-kanakan. Dok.Pri 

Dalam pergaulan sesama pria saya menemui banyak kisah mengenai kebutuhan pria mengenai perawatan kulit dan wajah. Kalau dibilang abai, benar. Tapi kalau dikatakan gak butuh: itu bohong. Ingat, kaum pria adalah sekelompok orang paling egois. Haha.

Tipologi Pria Tentang Perawatan Tubuh

Terkait ego ini, saya membagi pria dalam beberapa kategori terkait perawatan kulit dan wajah. Setidaknya ada tiga yang saya ketahui, diantaranya :

1)  Urakan

Tipe pria macam ini sebenarnya memiliki berbagai level mulai dari “urakan maksimal” hingga “urakan aja”. Yang menjadikan tipe ini masuk dalam kategori Urakan karena mereka abai memikirkan perawatan tubuh. Kasus yang paling parah adalah mereka menggunakan sabun cuci batangan untuk membersihkan diri, mulai dari rambut, wajah, hingga ke ujung kaki.

Praktis lah, caranya.
Ilustrasi : Tipe Pria Urakan. Dok by Unsplash

Tetapi, melalui kasus yang saya temui ini justru menunjukkan : mereka sadar atas kebutuhannya merawat kulit tubuh dan wajah. Caranya saja yang terlalu ekstrim-unfaedah. Gak manjur.

Kasus lain yang saya temukan dari tipe Urakan ini, jikalau ada kemasan perawatan tubuh orang lain berada di dekatnya, mereka pasti gak sungkan mencoba. Begitu selesai dari hajatnya dan keluar dari kamar mandi, itu pria Urakan langsung terlihat perbedaannya dibandingkan menggunakan sabun cuci batangan.

Intinya sih, mereka tersesat dari tata cara perawatan yang benar.

2)  Toleran

Tipe yang satu ini sebenarnya berwawasan. Mereka tidak menutup diri dari melakukan perawatan tubuh dan wajah. Tipe pria Toleran tahu jenis kebutuhan perawatan kulitnya, mulai dari bahan-bahan pembuatan, hingga merk perawatan kulit pria yang cocok bagi dirinya.
Ilustrasi : Tipe Pria Toleran. Dok by Unsplash
Persoalannya, mereka butuh kepraktisan. Praktis yang dimaksud adalah cukup merawat di bagian-bagian tertentu saja. Istilahnya : Gak mau berlebihan, lah. Tapi untuk ukuran segitu, pria Toleran merasa sudah beramal bakti bagi diri mereka sendiri.

3)  Metroseksual

Kaum Metroseksual adalah orang yang paling sadar penampilan. Mereka sangat peduli terhadap respon publik atas tampilan dan citra dirinya. Orang-orang secara umum lebih mengenalnya dengan perilaku narsis.

Para Metroseksualis lebih banyak berada di perkotaan. Mulai dari yang berpenghasilan rendah hingga berpenghasilan tinggi; mereka butuh pengakuan dari lingkungan sosial dan pekerjaan. Kebanyakan memang terkait mengejar karier mereka.

Maka dari itu, jangan heran kalau di kamar mandi laki-laki Metroseksual terdapat berbagai macam jenis perawatan tubuh dan wajah.  Mulai dari gel rambut, facial washlotion pelembab, mouthwashlipbalm, bedak, parfum, dan lain sebagainya, tersusun rapi di lemari toilet. Komplit lah, pokoknya.

Kepraktisannya terlihat ketika akan berangkat bekerja, atau bepergian wisata. Pria Metroseksual minimal membawa satu atau dua produk perawatan di dalam tas mereka untuk jaga-jaga.
Ilustrasi : Pria Metroseksualis. Dok by Unsplash


Produk Praktis NIVEA MEN

Tomasz Schwarz, Marketing Director, Beiesdorf Indonesia mengatakan bahwa, “saat ini, penampilan bersih dan terawat akan lebih menambah kepercayaan diri para pria Indonesia”.

Melalui pembahasan tipe-tipe pria di atas, saya melihat pernyataan Thomas ada betulnya juga. Perawatan tubuh dan kulit adalah bagian penunjang dari kehidupan pria, tak terkecuali yang ada di Indonesia. Oleh karenanya, perusahaan tempat Tomasz bekerja mengeluarkan produk baru yang mengusung kepraktisan dalam merawat kulit dan wajah berupa krim.
Dok. Pri
Nama produknya : NIVEA MEN Creme. Sebuah krim multifungsi dan satu-satunya di Indonesia untuk pria.

Saya mengetahui produk ini saat mengikuti salah satu kegiatan bersama NIVEA MEN di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan. Begitu pulang membawa NIVEA MEN Creme saya gak terlalu ambil peduli padanya. Jadilah itu produk hanya menjadi pajangan di kamar saya.

Hingga pada suatu hari saya kehabisan facial foam untuk ritual pembersihan wajah. Kebiasaan saya sebelum bekerja memang bersih-bersih wajah dulu. Tapi ini habis..lalu bagaimana? Suatu kebiasaan kalau tidak dikerjakan rasanya memang ada yang kurang, begitu ceritanya.

Begitu saya menemukan NIVEA MEN Creme saya baca terlebih dahulu fungsi dari produk. Di sana tertulis, “Dibuat khusus untuk pria, cocok untuk penggunaan di wajah, bibir, badan, dan tangan”.

Awalnya saya cium-cium terlebih dahulu produknya. Dari balik krim tersebut tercium aroma maskulin yang khas. Saya kira tadinya ini bedak cair; ya, kalau pun bedak cair setidaknya ada aroma maskulin di dalamnya. Makanya saya “tancap gas” saja dengan memakai itu krim.
Sisa Pemakaian NIVEA MEN Creme. Dok.Pri
Namun begitu saya pakai NIVEA MEN Creme, wajah saya langsung terasa lembab. Ada sensasi berbeda kala memakai NIVEA MEN Creme dibandingkan pembersih wajah biasa. Produk ini diformulasikan khusus untuk menutrisi dan melembabkan kulit lewat kandungan Vitamin E maupun perlindungan dari sinar matahari dengan fitur filter UV.

Selesai mengaplikasikannya, wajah saya tampak cerah tapi TIDAK kinclong berlebihan, atau berminyak seperti menggunakan bedak cair. Kulit juga tidak terasa kering dan berat. Maka saya berjalan keluar menuju kantor dengan ringan, karena kebutuhan perawatan kulit wajah saya sudah teratasi.
Me and NIVEA MEN Creme. Dok.Pri

Kandungan Vitamin E pada NIVEA MEN Creme memang berfungsi sebagai anti-oksidan yang dipercaya mampu mencegah kerusakan kulit, mengurangi inflamasi, membantu produksi kolagen, melembabkan dan meningkatkan elastisitas kulit. Fitur filter UV-nya mengurangi resiko terbakar sinar matahari dan menjaga kulit terlihat lebih cerah.

Di hari berikutnya, penggunaan NIVEA MEN Creme saya menjalar hingga ke leher, tangan, dan kaki. Menggunakan NIVEA MEN Creme ke bagian-bagian tersebut memang efektif membersihkan kulit tubuh saya.

Rasanya berbeda dengan menggunakan body lotion yang masih menyisakan lengket di badan. Kalau produk ini justru tidak meninggalkan lengket. Alhasil, penggunaan NIVEA MEN Creme tidak meninggalkan masalah meski dalam kondisi berkeringat.

NIVEA MEN Creme dan Air Wudhu

NIVEA MEN Creme selalu ada di tas kerja saya. Di kantor memang memiliki pendingin ruangan yang tidak menyebar secara menyeluruh, sehingga mesin kipas angin digunakan sebagai tambahan penurun suhu ruangan. Dinginnya kebangetan lah.
Dok.Pri


Lalu saya mulai memperhatikan salah satu teman kerja saya. Ini orang terlihat tua karena lebatnya bulu-bulu di wajah. Selain itu, di beberapa bagian wajahnya terdapat busik, atau sisa-sisa kulit kering yang mengelupas. Kalau ditanya, “lu suka bebersih muka, kagak?” Jawabannya selalu, “Air Wudhu udah cukup buat membersihkan wajah ini.”

Pada akhirya dia mengaku menggunakan pembersih wajah. Saya pun menjelaskan kalau salah satu bahan pembersih wajah itu ada detergen-nya meski sedikit. Makanya ada busa-busa saat diusap, dan terasa kering sehabis digunakan.

Saya pun menyarankan agar ini orang pakai NIVEA MEN Creme. Saya kasih satu kepada dia sebelum pulang kerja agar saya bisa melihat hasilnya di hari kerja setelahnya.

Benar saja! Busik-busik pada wajahnya langsung hilang, dan ia merasa kulit wajahnya terasa lembab dan ringan.

Sisa-sisa kulit kering yang mengelupas di wajahnya lebih banyak berada di area jenggot dan jambangnya. Bagian tersebut sangat anti buat dia cukur. Maka dari itu, NIVEA MEN Creme dia gunakan juga pada bulu-bulu di bagian jambang dan jenggot. Kalau saya perhatikan dalam seminggu ini, rambut-rambut yang terdapat di bagian tersebut tidak mengalami kerontokan atau apapun. Aman lah, istilahnya.

“Jadi gimana bro, setelah lu pakai?” tanya saya kepadanya.

“Bagus bro! Malahan, saudara sepupu gua yang datang ikutan pakai ini krim,” jawabnya penuh percaya diri.


Komentar

Julia.K mengatakan…
Seperti krim all in one gitu ya, sebagai pelembab Dan sun protection.
Luella artistry mengatakan…
Seneng banget sih nivea ada perawatan untuk laki laki. Karena emang bener pria juga butuh skincare..
Veee Ari mengatakan…
Ternyata ada yang beginian juga yaa untuk pria, aku kira facial wash biasa eh tapi packagingnya mirip Nivea lip butter 😁
Valentina Yosnanda mengatakan…
Wah nivea ada skincare buat pria. Rekomen buay suami saya By the way kalau dilihat dari tipe-tipenya suami saya tergolong tipe yang toleran jadi suka yang praktis cepet
Resty Yudha mengatakan…
sebagai seorang pria juga wajib untuk menjaga kulit juga yaa.. cowoku juga pakai produknya nivea..
Siti rohayu mengatakan…
Wah skrng nivea ada skincare buat cowo juga ya. Coba deh nnti aku kasih tau cowo aku soalnya dia juga suka skincarean semoga aja cocok kan jadi gampang nyari produknya juga
Stafana Charis mengatakan…
wah baru ya kak? bisa aku rekomen ke temen-temen cowo aku nih.. biar wajah kinclong :D
Auda Zaschkya mengatakan…
Tulisannya bagus. Deskripsinya jelas. Nanti saya suruh kawan saya pakai ini 😎
Melissa Olivia mengatakan…
Sebenarnya laki2 juga butuh perawatan kok, at least sunscreen karena kanker kulit kan ga pilih jenis kelamin. Sayang aja stigma masyarakat yang masih suka pandang miring kalo cowo merawat wajah. Selama ga berlebihan, itu hal yg wajar banget kok.
Cilla mengatakan…
jadi ini creme tapi bisa buat pembersih? Hmmm menarik juga ya, nivea emang canggih
Sapti nurul hidayati mengatakan…
Karena laki-laki punya struktur kulit yang beda, maka produk perawatannya pun dibuat khusus ya.. Malah baru tahu kalau nivea ada produk for men-nya. Nanti info ke suami ah, siapa tahu mau nyoba..
Selvijua31 mengatakan…
Ada produk perawatan baru nih khusus buat laki2, ternyata laki2 juga perlu ya perawatan kulit untuk sehari-hari.
Rachmanita AdindaRara mengatakan…
Aku juga baru tau nie ada produk nivea cowo gini
Raya (M Putra Riyadi) mengatakan…
Saya tipe cowok yang metroseksual bangπŸ˜‚. Wah keren akhirnya ada perawatan serupa buat cowok... Kayanya harus banget beli iniπŸ‘
diahagustina65.com mengatakan…
W. O. W banget kak, jadi pengin beliin cream perawatan khusus buat suamiku
Secara dia karang banget perawatan
Myra Anastasia mengatakan…
Kalau dulu, beberapa tahun silam, saya masih aneh melihat cowok metro seksual. Tetapi, kalau sekarang biasa aja. Setuju kalau laki-laki pun perlu perawatan. Malah enak dilihat kalau penampilan mereka terlihat bersih.
Rima Angel mengatakan…
Dijamin ya kalau krimnya multifungsi gini pria jadi lebih mudah buat perawatan wajah. Ga perlu banyak-banyak lah jadinya.
Kesih Latief mengatakan…
Ternyata bukan cwek aja yg perlu perawatan yak. Cwok jg perlu. Jujur cwok yg bersih lbh q suka walau gak ganteng2 amat, hehehe. Syukur ada nivea men ya .. Oerawajan wajah jd lebih gampang .
Yessimmbayu mengatakan…
Cowok ternyata butuh perawatan juga ya kak, kirain nivea cuma buat cewek aja
Ludyah Annisah mengatakan…
Baca review-nya oke nih. Sepertinya aku harus kasih rekomendasi ke suami untuk cobain Nivea for men. Thanks kak sharing nya.
Elisabeth Gultom mengatakan…
udah jaman emansipasi pria ya. jadi cowok juga harus merhatiin skincare :)
BlogSabda.com mengatakan…
kalau saya pria tipe toleran, tau jenis kulit, dan skincare apa aja yang harus dipakai. malah udah pakai skicnare selama 6 bulan.

NIVE MEN creame ini sejenis moistorizer untuk hydrating sih menurut saya, kalau udah pakai ini diwajah : bagus, tapi kalau beraktifitas di luar ruanganan sebaiknya dilapisi dengan sunscreen juga,

good job buat nivea men yang udah keluarin produk ini

Postingan Populer