Navigation Menu

Paket Lengkap Anime Demon Slayer the Movie Bikin Puas Jalani Hidup

Paket lengkap sebuah film setidaknya memiliki 9 (sembilan) unsur. Naskah yang menarik, orisinalitas, masuk akal, koheren, karakter yang kuat diimbangi dengan akting memadai, alur kisah, keindahan visual, hingga sound yang apik, adalah diantaranya. Dan, semua itu saya dapatkan di sebuah film anime yang baru-baru ini saya tonton.

Anime atau disebut juga animasi versi Jepang tidak akan bisa menggantikan film yang diperankan oleh manusia asli. Namanya imanjinasi tidak pernah masuk akal. Namun karena bentuknya imajinasi, film-film kartun mampu mengembangkan cerita yang dibawanya hingga ke level yang tidak pernah dibayangkan oleh orang sebelumnya.

Para penulis dan sutradara mengisi kekurangan yang dimiliki film imanjinasi dengan tema cerita yang kuat, dan naskah yang berkorelasi dengan seputar kejadian di dunia nyata. Menggambarkan realita dengan karakter imajinasi membuat penonton mempelajari sesuatu hal tanpa perlu digurui.

" Paket Lengkap Anime Demon Slayer the Movie Bikin Puas Jalani Hidup". Sumber : Kompas.com

Seperti halnya karakter Tanjiro Kamado di dalam film anime berjudul Demon Slayer : Kimetsu no Yaiba the Movie yang hidup demi kebahagiaan keluarga. Ia memerangi pasukan iblis yang telah menghancurkan seluruh keluarganya.

Karakter Tanjiro merupakan pemuda yang memiliki hati seluas langit dan dipenuhi kehangatan. Jiwa itu bahkan mampu menuntun pembencinya untuk semangat menjalani sulitnya hidup.

Di dalam kisah layar lebar terbaru, Tanjiro mendapatkan misi bersama kedua temannya Inosuke Hashibira dan Zenitsu Agatsuma di sebuah kereta lokomotif bertenaga uap. Di dalam sana, Kyojuro Rengoku telah menunggu mereka.

Rengoku adalah salah satu Hashira (sembilan pengguna pedang terkuat Demon Slayer Corps) bertipe api. Tanjiro Kamado dan kedua temannya meminta secara sopan kepadanya untuk melatih mereka cakap menggunakan pedang beserta teknik pernapasannya.

Pada waktu bersamaan, seorang kondektur memasuki gerbong yang ditempati keempat anggota Demon Slayer Corps tersebut. Dengan pucat dan lesu, sang kondektur meminta karcis mereka dan melubanginya. Beruntun kemudian dua ekor monster menyerang penumpang kereta.

Tanpa disadari, penyerangan itu hanyalah sebuah pengalih perhatian. Kehadiran kondektur sebelumnya menjadi kunci bagi demon berkekuatan khusus yang berencana membunuh para Demon Slayer Corps melalui mimpi-mimpi indah buatan.

Resume : Paket Lengkap

Seperti yang telah saya bahas sebelumnya bahwa sutradara film anime akan membuat relasi dari kisah imajinasi yang diangkatnya dengan kejadian-kejadian nyata. Haruo Sotozaki, sutradara Demon Slayer : Kimetsu no Yaiba the Movie : Mugen Train merelasikan filmya dengan kasus bunuh diri dan perundungan.

Melalui aksi Tanjiro Kamado dan Kyojuro Rengoku melawan rencana busuk para demon, penonton seperti saya melihat wujud kasus bunuh diri dan perundungan tersebut seakan-akan hidup melalui serangan para monster.

Yang menarik perhatian saya adalah karakter Kyojuro Rengoku yang mirip dengan Minato Kamikaze dalam serial Naruto. Sensasi kontemporer di dalam anime Demon Slayer diakui menciptakan keterbaruan cerita dengan menggabungkan beberapa unsur anime lain seperti Attack on Titan, Naruto, dan My Hero Academia (tix_id).

Kyojuro Rengoku dan Tanjiro Kamado. Sumber : Pikiran Rakyat

Saya merasa yakin kekuatan anime ini menjadi film terlaris sepanjang masa di Jepang karena naskahnya yang apik. Kisah yang sederhana menjadikan saya - yang tidak pernah mengikuti serial ini sebelumnya - tak kehilangan minat. Kisah film ini mudah dimengerti dan membuat saya semakin penasaran.

Film anime ini juga memiliki adegan twist yang begitu dramatis. Bahkan, anime ini memiliki adegan campur aduk, dari yang membuat sedih, gembira, terharu, menegangkan, dan membangkitkan semangat sekaligus gregetan.

Hampir dua jam menonton film ini kesan yang diberikan begitu mendalam. Nilai-nilai moral yang terkandung di dalamnya seakan relevan dengan kondisi sosial-politik yang tengah dihadapi negeri ini (padahal anime dari Jepang, ya). Seakan, kisahnya mengandung pesan universal.

Seperti halnya tanggung jawab besar sebagai orang tua untuk menyiapkan keturunan kuat yang mampu melindungi kaum lemah. Bahwa kejahatan akan selalu mencari kesempatan di dalam kegelapan demi membunuh dan memanipulasi kebenaran.

Bahwa kejahatan akan memanfaatkan mimpi-mimpi indah untuk mencelakai antar manusia. Bahwa kebenaran akan meladeni intrik kejahatan kapanpun dan dimanapun mereka menampakkan diri. Struktur ini yang dibangun sang sutradara film anime Demon Slayer sehingga tercipta adegan-adegan yang koheren.

Bagi saya, Demon Slayer : Kimetsu no Yaiba the Movie : Mugen Train adalah film whole package (paket lengkap). Keindahan visual dan audionya terjaga, alur kisahnya terbangun secara orisinal, dan meski aktingnya diwakilkan oleh karakter kartun, nilai-nilai moral film ini berkorelasi dengan kondisi kekinian.

Terakhir, saya akan memulai lanjutan kisah film ini dari awal serialnya, yang kata teman saya sangat mengharu-biru.




0 komentar: