3 Peran Penting Blogger Sebagai Garda Terdepan Penjaga Sumpah Pemuda


SUMPAH PEMUDA

Kami putra dan putri indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air indonesia

Kami putra dan putri indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa indonesia

Kami putra dan putri indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa indonesia

(Ilustrasi) 3 Peran Penting Blogger Sebagai Garda Terdepan Penjaga Sumpah Pemuda. Sumber : Rizky Rahmat Hidayat/Unsplash

 

Sumpah pemuda merupakan momen bersatunya para pemuda dari seluruh penjuru tanah air untuk mengucapkan ikrar mereka sebagai bangsa yang satu, berbahasa yang satu sekaligus menegaskan cita - cita untuk membentuk negara indonesia. 


Sumpah pemuda adalah hasil keputusan kongres pemuda kedua yang diselenggarakan selama 2 hari, yakni pada tanggal 27 sampai 28 oktober 1928 yang bertempat di Batavia, atau yang sekarang kita kenal sebagai DKI Jakarta. Peristiwa sumpah pemuda merupakan momentum awal perjuangan pemuda dalam menyatukan bangsa indonesia. Perjuangan tersebut tidak hanya berakhir sampai indonesia merdeka saja, tetapi harus terus berlanjut hingga anak cucu kita.

 

Menjaga ikrar sumpah pemuda tidak hanya menjadi tugas aktivis sejarah saja, tetapi menjadi tugas seluruh masyarakat indonesia dari berbagai kalangan dan profesi, termasuk para blogger. Blog sejatinya adalah suatu laman tulisan yang termuat sebagai posting pada sebuah halaman web umum. 

 

Blog mulai banyak dikenal penggunaannya di kalangan generasi kekinian pada tahun 2005-an, ketika sejumlah halaman web umum seperti blogger.com, dan wordpress.com mulai membuka laman hosting yang bisa digunakan oleh peselancar jejaring dunia maya untuk menempelkan tulisan-tulisan ringan tentang kesehariannya.

 

Jika pemuda generasi terdahulu menggunakan pertemuan - pertemuan sebagai wadah untuk menunjukkan eksistensinya, maka  pemuda generasi sekarang dapat menggunakan blog sebagai media kreativitas pemuda untuk mendorong pengakuan eksistensinya, menembus kekerdilan pergaulan yang disematkan oleh globalisasi. Pengakuan eksistensi pemuda dalam lalu lintas penggunaan internet cepat inilah yang nampaknya perlu untuk dimanfaatkan untuk menunjukkan semangat kebangsaan Indonesia.

 

Berikut ini merupakan 3 peran penting blogger sebagai garda terdepan penjaga sumpah pemuda :


Ilustrasi. Sumber : Polina Kuzovkova/Unsplash
 

Sebagai pengingat perjuangan generasi terdahulu

 

Karena memiliki peran aktif didalam dunia internet yang bergerak cepat, para blogger diharapkan dapat menulis atau memposting tentang sejarah sumpah pemuda. Hal ini bertujuan supaya masyarakat selalu ingat akan perjuangan para pemuda terdahulu dalam memperjuangkan berdirinya negara indonesia. Dengan peran aktif blogger dalam menulis dan memposting berbagai hal yang berkaitan dengan sumpah pemuda, diharapkan dapat menjadi pemicu semangat pemuda sekarang untuk menciptakan kreativitas positif dan terus mempertahankan ikrar sumpah pemuda bagi negeri ini.

 

Sebagai pemantik semangat perjuangan bagi pemuda masa kini

 

Kita berada di era teknologi internet berkekecapatan tinggi yang mana semua informasi berada di genggaman kita. Beragam informasi dari penjuru dunia bisa kita peroleh, baik itu informasi yang bermanfaat maupun informasi yang tidak bermanfaat, bahkan informasi yang menyesatkan seperti hoax, adu domba, dan sebagainya. 

 

Peran blogger sangat dibutuhkan untuk terus memposting segala hal yang berkaitan dengan semangat sumpah pemuda supaya tulisannya dibaca oleh generasi berikutnya, terutama memotivasi pemuda menciptakan kreativitas positif.


Mengalahkan serbuan informasi berbentuk hoax tentunya dengan memperbanyak konten yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Dengan tersiarnya informasi tersebut, tentunya berdampak positif pada lingkungan kita maupun generasi muda untuk lebih semangat mengamalkan persatuan

 

Blogger sebagai agen perbaikan mental pemuda

 

Seperti yang kita ketahui bahwa akhir - akhir ini pemuda kita mengalami krisis identitas. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya para pemuda yang bergabung dengan organisasi kriminal seperti teroris, gengster, begal dan melakukan berbagai aksi kriminal yang membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

 

Sekiranya nenek moyang kita masih hidup, tentu mereka pasti sedih karena perjuangan mereka hanya sia - sia belaka karena mental penerusnya sudah sedemikian mengkhawatirkan. Disinilah setiap individu musti mengambil perannya masing-masing. Bahkan dengan goresan pena, kita berkesempatan menjadi agen perubahan kebenaran.

 

Sangat diharapkan kontribusinya untuk selalu menulis, memposting dan menyebarkan semangat sumpah pemuda tersiar ke seluruh kanal media sosial seperti blog, facebook, twitter, instagram dan sebagainya. Melalui layanan Telkom Grup, kabel optik terbentang ke seluruh Indonesia. Internet cepat milik IndiHome melayani kebutuhan masyarakat Indonesia mengakses informasi-informasi penting.

 

Maka, alangkah ruginya apabila kita tidak mengambil bagian untuk menebar semangat persatuan Sumpah Pemuda ini. Dengan banyaknya postingan mengenai sumpah pemuda, diharapkan para pemuda yang membaca postingan tersebut dapat terenyuh dan tergerak hatinya untuk ikut menjaga kesakralan ikrar sumpah pemuda dan meninggalkan berbagai perilaku negatif yang ada didalam dirinya. 

Posting Komentar untuk "3 Peran Penting Blogger Sebagai Garda Terdepan Penjaga Sumpah Pemuda"