Mengenal Lebih Dalam : Hunian Ideal Versi Milenial

"Milenial yang lahir pada tahun 1980-1996 dapat dipastikan tengah membangun rumah tangga. Atau, diantaranya menyusun rencana bersama sang kekasih untuk membina keluarga suatu saat nanti. Kalangan usia dikisaran ini tentunya sudah memikirkan pemenuhan kebutuhan dasar ketimbang gaya hidup boros. Salah satunya memikirkan hunian rumah yang ideal bagi keluarga mereka kelak."

"Mengenal Lebih Dalam : Hunian Ideal Versi Milenial". Ilustrasi : Pixabay/Angela_Yuriko_Smith


Menurut Rainier Lazar Hadiprodjo dan Martin Halim (2021, hal. 1077), bahwa perumahan merupakan sebuah lingkungan yang terdiri dari kumpulan unit-unit rumah tinggal yang dimana memungkinkannya terjadi interaksi sosial diantara penghuninya. Fisik perumahan juga dilengkapi prasarana sosial, ekonomi, budaya, dan pelayanan yang merupakan subsistem dari kota secara keseluruhan.

Deskripsi itulah yang membuat milenial dengan orientasi berkeluarganya mulai membayangkan kehidupan mereka kelak bersama pasangan dan anak-anak mereka. Sehingga, dengan kemajuan teknologi digital yang ada mereka melakukan pencarian hunian idaman melalui layanan internet yang tersedia.

Kemajuan yang terjadi dibidang teknologi digital sejatinya memanjakan milenial sebagai kelompok konsumen yang mudah mengakses beragam macam informasi produk, dan cenderung teliti didalam menggali kebutuhan mereka atas produk yang dicari. 

Khususnya di perkotaan, mereka lebih tertarik dengan rumah yang bergaya minimalis. Luas lahan juga tidak musti luas-luas amat. Karena pada dasarnya, mereka mengerti tanah diperkotaan semakin terbatas. Namun disaat bersamaan, mayoritas dari mereka memilih tanah disertai bangunan sebagai hunian pilihan.

Keputusan atas pilihan milenial terhadap hunian ideal tak terlepas dari peran keluarga besar. Sumber ilustrasi : Pixabay/Tumisu

Perihal ini tidak terlepas dari peran keluarga besar, khususnya orang tua, mempengaruhi keputusan milenial mencari hunian ideal. Stabilitas didalam hidup berkeluarga sejalan dengan pentingnya menjaga stabilitas pemasukan dari aktivitas bekerja. Maka tidak heran jika kalangan milenial lebih memilih rumah standar sederhana asalkan dekat dengan lokasi mereka bekerja.

Rumah standar sederhana ini sekali lagi berdasarkan definisi Kementerian Perumahan Rakyat Republik Indonesia tahun 2012, bahwa rumah sederhana adalah rumah yang pada umumnya dibangun di atas tanah dengan luas kavling antara 60m2 sampai dengan 200m2.

Faktor lain yang musti menjadi pendukung adalah akses ke transportasi publik, serta jaringan internet cepat. Kalangan muda-mudi lebih mengutamakan efisiensi, dan terintegrasinya mereka dengan kemajuan teknologi, khususnya digital. Dimana, mereka bisa mengecek keadaan rumah dari jarak jauh, dan bisa dengan cepat berangkat dan pulang dari aktivitas bekerja.

Contoh perumahan yang dekat dengan akses transportasi umum perkotaan. Sumber : catharempoa.damaiputra.com

Hunian Modern dan Ekslusif Tangerang Selatan

Pengembang selaku pelaksana penyedia hunian ideal bukannya tidak mengikuti tren ini. Disamping pemenuhan fisik dan layanan properti, mereka juga bekerjasama dengan pihak bank untuk menyediakan pembayaran yang mudah.

Proses perencanaan keuangan untuk pengeluaran operasional pembiayaan berguna untuk mengoptimalkan situasi keuangan para milenial.

Salah satu yang patut mendapat perhatian adalah pengembangan hunian modern dan ekslusif didekat kota Jakarta. Damai Putra Group melakukan inovasi dan pengembangan di wilayah Ciputat, Tangerang Selatan, yang letaknya sangat berdekatan dengan Jakarta Selatan. Kawasan ini masih menjadi yang paling diminati para pemburu properti, terutama dari kalangan milenial dan keluarga muda.

Site plan hunian ideal Catha Rempoa, Tangerang Selatan. Sumber : catharempoa.damaiputra.com

Tangerang Selatan merupakan kawasan yang paling diuntungkan bagi pembangunan infrastruktur transportasi. Lokasi yang strategis serta banyaknya pilihan akses dengan berbagai moda transportasi umum, seperti TransJakarta, JakLingko, MRT, KRL, dan jalan bebas hambatan dinilai memudahkan mobilitas mereka.

Catha Rempoa merupakan proyek pengembangan milik Damai Putra Group guna mendukung pemenuhan hunian tinggal ideal bagi kaum milenial yang berdekatan langsung dengan kota Jakarta. Berlokasi di Ciputat Timur, Tangerang Selatan, akses transportasinya cukup mudah. Berjarak sekitar 7 (tujuh) menit ke MRT Lebak Bulus, calon penghuni Catha Rempoa bisa terakses ke tengah kota.

Di samping itu kawasan Catha Rempoa dikelilingi banyak fasilitas pendidikan, kesehatan, kuliner, supermarket, hiburan dan pusat perbelanjaan. Mengusung konsep exclusive townhouse, perumahan ini memiliki ruang terbuka hijau yang dapat mendukung aktivitas gaya hidup sehat dan bugar keluarga muda. DPG juga merancang perumahan ini dengan smart-modern design, menggunakan kemajuan teknologi digital.

Catha Rempoa dilengkapi dengan smart home system, dan smart door locksmart light bulb, dan CCTV yang dapat diakses selama 24 jam menggunakan jaringan internet cepat. Penghuni bisa bebas memilih layanan jaringannya, mulai dari IndiHome milik Telkom Grup, atau layanan lainnya.

“Progras pembangunan Catha Rempoa terdiri dari 3 (tiga) tahap. Diamana tahap pertama tersedia 76 unit dengan tiga tipe L5, L6, dan L7, dengan harga peluncuran perdana mulai sekitar 1 milyar rupiah,” ujar Hadi Putra, General Manager Sales Damai Putra Grup, ditengah peluncurannya (7/9/2022) kemarin.

Damai Putra Group adalah perusahaan properti yang telah berpengalaman lebih dari 41 tahun di Indonesia, dengan berkreasi dalam memenuhi kebutuhan pasar ddan keluarga Indonesia memiliki hunian ideal serta investasi berkualitas.

Perusahaan properti ini juga mengembangkan properti rumah, apartemen, kantor dan komersil yang ada di beberapa lokasi, yaitu Jakarta Timur, Bekasi, Sidoarjo, Jogja dan Magelang. Salah satu yang terkenal adalah pengembangan Kota Harapan Indah seluas 2200 Ha di Bekasi. Kini mereka melakukan ekspansi ke area baru yakni Tangerang Selatan, serta terus melakukan inovasi dan sinergi dengan para stakeholder untuk dampak solusi bagi masyarakat.

Posting Komentar untuk "Mengenal Lebih Dalam : Hunian Ideal Versi Milenial"