EASY RESCHEDULE TRAVELOKA : JADI BISA, MAKIN MUDAH

Pengalaman pertama saya bertransaksi tiket pesawat adalah di akhir bulan Oktober 2014. Waktu itu, keluarga besar dari pihak ibu mendapatkan undangan pernikahan sepupu saya yang tinggal di Makassar. Ibu saya dan saudarinya berniat memenuhi undangan tersebut dan menitipkan sejumlah uang kepada saya guna membeli tiket penerbangan Jakarta-Makassar di tanggal 10 November.

Sejujurnya, kemarin itu saya bingung mau belanja tiket pesawat di mana. Yang ada dipikiran saya hanyalah Google. Yup, solusi praktis tatkala bingung melanda. Bertanyalah saya ke situs pencarian terbesar itu dengan kata kunci “agen perjalanan sekitar Tanjung Priok.” Lalu muncul sederet daftar hasil pencarian yang didominasi oleh Traveloka.

Traveloka itu apaan, sih ? Gumam saya dalam hati. 

Reflek, saya klik tombol mouse dan meluncurlah saya di situs perjalanan wisata tersebut. Mengertilah saya kalau beli tiket itu bisa di depan layar laptop. 

Langkah selanjutnya, saya pertaruhkan semua uang titipan ibu yang ada di kantong celana dengan membeli tiket via burung biru yang terbang mengarah ke kiri gambar tersebut.

Done! Sempat tante saya bertanya keamanan membeli tiket pesawat via daring. Untuk menjawab keresahannya, saya manfaatkan fitur chat Traveloka berbincang dengan customer care mereka. Semua terjawab dengan baik dan makin komplit saat sampai di Makassar dengan aman dan nyaman.
Senangnya bisa bertemu sepupu dari Makassar


Ini memang eranya internet menjadi medium utama individu dalam bertransaksi bisnis dan jual-beli di tengah-tengah masyarakat. Perkembangannya dimulai semenjak tahun 2008. Lompatan teknologi ini memberikan kemudahan konsumen untuk mengulas, membandingkan, hingga bertransaksi secara daring di rumah tanpa perlu ribet kemana-mana.

Itulah yang terjadi pada saya; itulah momen saya terpapar lebih lanjut bertransaksi melalui platform di internet. Beberapa kali saya membeli barang-barang kebutuhan buku dan pakaian via Internet of Things (IoI). Tapi tiket pesawat adalah hal baru. Semenjak tahun 2014 itu, persepsi saya berubah total bahwa membeli apapun saja bisa melalui internet sekarang.

Perkembangannya memang dahsyat. Key statistical indicator milik Hootsuite menujukkan bahwa semenjak Januari 2016 hingga sekarang telah terjadi peningkatan penggunaan internet sebesar 51 persen, atau setara jumlah 45 juta penduduk di seluruh Indonesia. Sedangkan dari total pengguna internet yang ada, tercatat bahwa kategori pembelian tiket pesawat menduduki peringkat ke-3 terbesar setelah fesyen dan telepon seluler. Hal ini memperlihatkan bisnis tourism yang memiliki potensi besar di masa depan.

Pertanyaannya sekarang, adakah pelayanan Traveloka makin meningkat?
Easy Reschedule membantu perubahan jadwal penerbangan sendiri, tanpa perlu repot menelepon ke maskapai tanpa perlu buang pulsa dan bisa memilih jadwal penerbangan yang baru suka-suka.

Balik lagi ke awal. Saat hendak pulang kembali ke Jakarta, kembali saya memesan tiket penerbangan Makassar-Jakarta melalui agen tiket online Traveloka. Namun, sepulang dari melakukan transfer pembayaran, tante saya bertanya sekiranya jadwal penerbangannya tersebut dapat dialihkan ke hari lain?

Kali tersebut saya hubungi pihak maskapai via telepon dan dijelaskan bahwa tidak dapat dilakukan hal itu apalagi permintaannya kurang dari 24 jam. Sebenarnya bisa saja, tapi harga penggantinya lebih besar dari membeli tiket baru. Mulai dari situ, saya selalu pastikan bahwa jadwal penerbangan saya harus jelas dan pasti atau mengalami kesulitan seperti tadi.

Hingga saatnya saya ikut kumpul dengan komunitas pemerhati budaya Indonesia di kisaran Cikini, tahun 2016. Kebetulan headquarter mereka akan ada sesi rekaman dengan media nasional sore esok dan menganjurkan ketua cabang Makassar yang hadir di situ untuk ikut proses taping. Mendengar hal itu, ketua cabang Makassar merasa tertarik sekaligus ingin berbincang lebih lanjut dengan para petinggi pusatnya di Jakarta. Tapi masalahnya, ia terlanjur memesan tiket ke Surabaya di waktu yang sama demi bertemu keluarga kakaknya. Bingunglah gadis dari Makassar itu.

"Kamu beli tiketnya di mana?" Tanya penasihat komunitas.

"Beli di Traveloka."

Salah satu dari petinggi komunitas tersebut menyarankan untuk melakukan re-schedule penerbangan kemudian. “Bukannya gak bisa ya, bang? Kalaupun bisa pasti ribet dan mahal,” tanya saya sok tahu. “Nggak, kok. Sekarang kan udah ada fitur Easy Reschedule.” Jelasnya.

Penasaranlah saya.

Tampaknya, Traveloka telah menambahkan konten ke dalam platform mereka untuk mempermudah pelanggan dalam bertransaksi. Dan, saya baru mengetahuinya sekarang. Buru-buru saya buka situs Traveloka untuk memastikan apa yang dimaksud dengan Easy Reschedule.

Menggunakan fitur Easy Reschedule Traveloka itu hanya dengan 3 langkah mudah. Sumber : Travel.Tribunnews.com
Fitur baru Traveloka yang bernama Easy Reschedule adalah fitur yang memungkinkan pelanggan mengubah rencana penerbangan tanpa perlu langsung menelpon pihak maskapai. Fiturnya juga dapat dimanfaatkan untuk mengubah jadwal penerbangan, menambahkan anggota lain dalam perjalanan, atau berganti maskapai lain.

Teknisnya cukup mudah. Petinggi komunitas itu menjelaskan dengan detail: buka website Traveloka dengan terlebih dahulu melakukan log in. Klik menu “Pesanan Saya”. Pilih e-tiket yang dituju dan masuk ke menu “Reschedule”. Gadis Makassar itu pun mengikutinya satu per satu hingga terbitlah tiket penerbangan baru ke Surabaya untuk 2 hari kemudian. Ketua komunitas budaya cabang Makassar itu pun jadi bisa mengikuti sesi pengambilan gambar oleh media nasional.

Besar biaya re-schedule penerbangan adalah Rp 15.000 per segmen penerbangan Jakarta-Surabaya. Karena ada selisih antara tiket pertama dengan yang terbaru, gadis itu membayar sisanya dengan melakukan transfer bank online. Semua selesai dalam hitungan menit, tanpa perlu mengeluarkan pulsa; tanpa berpindah dari tempat duduk. Amazing.

Kelihatannya malas betul, ya. Tapi kemudahan itu ada karena hadirnya teknologi digital. Alih-alih terkesan negatif, Traveloka menjadikan pelanggannya mampu mengurus keperluannya secara efektif dan efisien. Hal ini tentulah sebuah peningkatan kualitas pelayanan.

Saya makin penasaran, hal baru apa lagi yang akan hadir dari Traveloka dengan memanfaatkan terknologi terbaru di dunia bisnis tersebut? Saya pun tidak sabar menanti.

Komentar

Valka mengatakan…
Wah, asik ya traveloka. Fiturnya banyak dan gak perlu khawatir kalau mau mengganti jdwal pesanan.
@atanasia_rian mengatakan…
Aku sering banget pake traveloka kalau pulang ke Jogja. Eh kaya besok mau ke Medan aku juga beli di traveloka. Fitur penggantian jadwalnya ini seneng banget jadi memudahkan kita kalau mau reshedule. Kaya aku kmrn dadi Jogja ke Jakarta sampai reshedule tiket 4x haha
Hillman Graha mengatakan…
oo ada fitur reschedule yah, hmm saya jarang traveling dan belum pernah pake traveloka, tapi fitur pengubah rencana penerbangan ini memang kayaknya sangat bermanfaat buat mereka yang sering berpergian
ikhsan keren mengatakan…
Whooaaa! 4 kali re-schedule mba? Saya malah makin penasaran ama ceritanya. Hahaha
ikhsan keren mengatakan…
Betul banget mas. Apalagi sekarang dengan adanya kondisi darurat di Bali. Re-schedule menjadi fitur/pelayanan yg sangat penting bagi konsumen.
Jiah Al Jafara mengatakan…
Kaya yg diiklanin di tv, reschedule traveloka. Aku blm coba sih tapi emang akan sangat bantu kalau misal hari keberangkatan harus mundur
Ruli Retno Mawarni mengatakan…
Fasilitas ini keren banget.. Sepertinya kalo sama OTA lain baru traveloka deh yang punya fasilitas ini. Penting banget ini untuk perjalanan yang tak terduga
ikhsan keren mengatakan…
That's the point
ikhsan keren mengatakan…
Saya jg blm dengar kl yg lain mba
Tomi Purba mengatakan…
wahhh mantabb ini mas ada fitur easy re-schedule jadi kita tidak perlu repot-repot telepon CS Maskapai ataupun agen travel... Apalagi di traveloka bisa beli tiket menggunakan cicilan kartu kredit, jadi tambah lumayan ya manfaat dari traveloka..
Dikki Cantona Putra mengatakan…
Traveloka sudah sangat teruji pelayananya sangat baik dan sangat mudah banget dalam hal memesan tiket apapun dan kemana pun. Apalagi fast respon lagi CS CSnya apabila kita kebingungan dalam hal pemesanan tiket
Mildaini mengatakan…
Traveloka emang solusi banget buat yang suka kemudahan dalam hidupnya
Diah Kusumastuti mengatakan…
Wah, Traveloka makin bagus ya inovasinya. Fitur easy-reschedule itu pasti disambut gembira oleh banyak orang. Gimana enggak, dulunya masalah ginian tuh susah solusinya, nah sekarang dipermudah sama Traveloka. Sip, lah.
Nurul Fitri Fatkhani mengatakan…
Naah...ini fasilitas yang memudahkan pengguna traveloka. Gak perlu khawatir kalau sewaktu-waktu jadwal penerbangan berubah. Karena ada fitur easy-reschesule, sangat memudahkan.
Zefy Arlinda mengatakan…
asik ya bisa rechedule begitu, jadi merasa lebih aman dan nyaman saat pesan tiket dan penginapan. coba kalau ga bisa reschedule, bahaya itu, kebanyakan uang yang lenyap
Aprillia Ekasari mengatakan…
Wah kalau bisa reschedule gtu asyik ya. Jadi sebagai konsumen jg gak rugi2 amat pada saat ada kondisi darurat yang bikin kita gak jd traveling/ liburan dll
Timothy W Pawiro mengatakan…
Suka banget fitur ini! Ga perlu buang2 waktu telpon call center hahaha!
Yesi Intasari mengatakan…
inovasi traveloka emang ngerti banget kebutuhan konsumen yah.. fitur reschedule yang praktis gitu bener-bener ngebantu banget
Nabela Aprilia mengatakan…
Wuihh ada fitur baru dari Traveloka. Keren nih bermanfaat banget. Semoga makin berkembang aplikasi andalan para Traveler
Marfa U mengatakan…
Belum pernah pake Traveloka samsek ngeheheh tapi diliat dari fitur ini terlihat sangat memudahkan penggunanya apalagi yang jadwalnya padat dan berubah sewaktu2, biaya tambahan juga tak mahal hehe
sally fauzi mengatakan…
Kalau bisa reschedule gini malah gak bikin baper ya, aman kalau tetiba ganti jadwal atau ada keperluan mendadak.


Jadi inget mantan pak Bos yang hobinya reschedule kalau bepergian. Dulu belum kenal traveloka sih...
@unggulcenter mengatakan…
Wah betul, saya selalu pake traveloka, tapi ga ngeh sdh bisa reskedul ya. Wah bermanfaat nih!
Lendy Kurnia Reny mengatakan…
Ini aplikasi wajib buat suamiku.
Doi paling sering dinas untuk urusan kantor ngandelin Traveloka banget.
Dari mulai booking tiket perjalanan, hotel dan semua-muanya...ngebantu banget.
ikhsan keren mengatakan…
Bahkan bisa dilakukan dimana aja. Seru pokoknya. Hha
ikhsan keren mengatakan…
Customer service-nya memang handal mas. Bos saya pernah komplain dg nada yg keras dan kosakata yg gak layak. Tapi responnya tetap menenangkan dan solutif.
Bos saya kasih jempol. Ini sungguhan terjadi.
ikhsan keren mengatakan…
Itulah fungsi teknologi
ikhsan keren mengatakan…
Kita jg perlu bersyukur atas kehadiran teknologi digital.
ikhsan keren mengatakan…
Berkat kehadiran teknologi digital. Kita patut mensyukurinya

Postingan Populer