RESMI DIBUKA : JAKARTA FAIR KEMAYORAN 2018 YANG RAMAH KEBUTUHAN LEBARAN

Saya tidak sendiri. Beberapa orang menanyakan hal yang sama kepada petugas halte, maupun petugas operasional bus Trans Jakarta, mengenai destinasi menuju Jakarta Fair Kemayoran.

"Bus pengumpannya ada di jam tiga, kak," hanya itu yang bisa disampaikan para petugas tersebut.

Mereka menyarankan untuk transit di stasiun Kota lalu naik bus koridor 12, dengan rute Tanjung Priok - Pluit, lalu turun di halte Kemayoran Landas Pacu Timur untuk meneruskan perjalanan dengan transportasi publik atau online. Cara ini lebih efisien bagi kami yang mengejar pembukaan ajang pameran terbesar se-Asia Tenggara itu yang akan dimulai di pukul 3.30 sore; dari pada membuang-buang waktu tidak pasti di halte Monas.

Saran tersebut saya terima. Di halte yang ditunjuk petugas pun kami turun dan melanjutkan perjalanan dengan menyewa layanan transportasi publik lainnya. Beberapa dari kami ada yang melambaikan tangan ke bajaj yang lewat. Tapi, kebanyakan memilih memesan via daring, seperti saya.

Kami tidak saling mengenal, namun kami memiliki tujuan yang sama: menghadiri pembukaan Jakarta Fair Kemayoran tepat waktu. Perihal ini menunjukkan antusias warga Jakarta akan event yang diadakan tiap setahun sekali tersebut.
Banner JFK 2018. Sumber: Jakarta Tourism

Sesampainya saya di Gate 2 JIExpo, tampak manusia mulai memenuhi area venue Pekan Raya Jakarta.

Saya celingak-celinguk mencari sesama rekan nara-blog. Kami sudah janjian untuk berkunjung ke Jakarta Fair Kemayoran meliput sekaligus mencari barang-barang kebutuhan Ramadhan dan Lebaran tahun ini.

"Destinasi Kebutuhan Lebaran dan Liburan Keluarga"

Sebetulnya, yang menarik perhatian saya di salah satu pameran terbesar ke-51 milik Kota Jakarta ini adalah bertepatannya kegiatan mereka di bulan suci Ramadhan. Konsepnya tentu harus mengakomodir kebutuhan warga muslim Jakarta dalam beribadah sekaligus memanjakan mereka dengan penawaran barang-barang belanjaan serta hiburannya.

Prediksi saya tidak meleset. Begitu masuk venue saya sudah melihat bertebarannya lembaran diskon dan cash back. Kru-kru tenant begitu bersemangat menawarkan best price-nya. Mereka menjamin kualitas produk. Mereka juga tak sungkan menerangkan secara detil spesifikasinya.

Di gerbang Hall A, saya dijelaskan adanya musholla di sana. Namun, jika hendak melaksanakan ibadah sholat di zona-zona lain di sekitar kawasan, pengunjung dapat mendatangi musholla yang disediakan panitia pelaksana. Lebih lengkapnya, dapat dilihat melalui map-leaflet yang tersedia. Tapi, di balik leaflet tersebut pun tersedia potongan-potongan voucher dari berbagai merchant dan brand terkenal.

Geez! Ini benar-benar surga belanja, pikir saya.
Banyaknya pengunjung di hari pertama JFK 2018. Sumber : Dokpri

Panitia di dalam kembali menjelaskan bahwa mereka pun memfasilitasi pengunjung yang hendak melaksanakan sholat Tarawih bersama di Hall B-C3. Jadi, para pengunjung tidak perlu takut kehilangan pahala saat berkunjung dan berbelanja di Jakarta Fair Kemayoran.

Bahkan, para pengunjung pun tak perlu khawatir kehabisan persentase baterai gawai mereka. Hal itu karena panitia mempersiapkan boks multi-charge sebanyak 20 unit yang tersebar di seluruh kawasan.

Secara keseluruhan tema Jakarta Fair Kemayoran 2018 berhubungan langsung dengan kehadiran Ramadhan.

"Destinasi Kebutuhan Lebaran", demikian ia disebut.

Untuk mempermudah informasi dan kegiatannya, pihak JIExpo telah membangun sarana digital bagi calon pengunjung. Konten di dalamnya akan membantu mereka dari segi hal tiket, denah pameran, (lagi-lagi) diskon dan penawaran menarik, jadwal panggung hiburan, serta lain sebagainya.

Mengaksesnya cukup mudah; tinggal klik saja bagian ini : JFK 2018.

Bulan suci umat Islam tahun ini bukan saja mengenai perencanaan melipatgandakan kuantitas dan kualitas ibadah, tapi juga merencanakan perayaan di hari kemenangannya. Sebuah perihal yang menjadi fokus JFK 2018.

Dari awal masuk tampak jelas euforia diskon gila-gilaan di Jakarta Fair Kemayoran ini. Mulai dari buy one get one, voucher belanja produk, potongan belanja, dan berbagai promo menarik lainnya. Di Hall A ini saya pun menyaksikan diskon furniture perlengkapan rumah hingga mencapai 80%.

Tapi bicara Ramadhan kayaknya tak lengkap tanpa adanya program berbagi dengan sesama. Event ini pun sangat perhatian kepada anak-anak yatim.

Mereka yang tak memiliki orang tua tentu membutuhkan perhatian lingkungan sosialnya. Senyum bahagia berlebaran, dan indahnya memiliki baju baru di hari fitri harus dirasakan pula oleh mereka.
Untuk itulah, aksi sosial peduli anak yatim akan mengisi di sela-sela kegiatan JFK 2018 dalam bentuk santunan juga hiburan.

Penutup

Semarak kegiatan Jakarta Fair Kemayoran 2018 tidak akan habis di-preteli satu per satu di dalam ruang tulisan ini. Hanya pengalaman yang dapat menjawab segala rasa penasaran. Mendatangi langsung kawasan JIExpo, Kemayoran, adalah keharusan.

Meski diprediksi banyaknya pengunjung seperti tahun ke tahun, kebersihan area pameran tak akan diabaikan. Standar kebersihan setaraf internasional adalah garansi pihak penyelenggara demi mengedepankan kenyamanan pengunjung yang akan berwisata bersama keluarga maupun kerabat dekat.

4 unit mobil dan 40 unit motor menanti pengunjung dalam undian grand prize semarak 51 tahun Jakarta Fair Kemayoran. Area kuliner baru khas Bali serta area khusus Dunia Pesta Bola juga akan memenuhi pameran yang telah resmi dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan tersebut.
Saya dan rekan-rekan blogger di hari pembukaan JFK 2018. Sumber : Mba Kiki

Cahaya bak bintang-gemintang telah menggema di langit Kemayoran pada pukul 20.00 Wib. Pecahnya kembang api menandakan Jakarta Fair Kemayoran 2018 siap dikunjungi pendatang dari segala penjuru Indonesia.

Sebagai tambahan, berikut informasi jadwal buka pameran yang akan berakhir hingga 1 Juli besok,

Jadwal Reguler
- Senin s/d Kamis : 15.30-22.00
- Jum'at : 15.30-23.00
- Sabtu, Minggu, dan Libur Nasional : 10.00-23.00

Jadwal Khusus Lebaran
- Tanggal 11-13 Juni : 10.00-23.00
- Tanggal 14 Juni : 10.00-18.00
- Tanggal 15 Juni : 14.00-23.00
- Tanggal 16-20 Juni : 10.00-23.00

Komentar

Valka mengatakan…
Mengunjungi Jakarta Fair kayaknya enggak cukup sehari ya. Gak puas. Hahaha
ikhsan keren mengatakan…
Betul Kaka valka

Postingan Populer