Mengembalikan SEO Friendly Pada Muasal (Sebuah Asumsi dengan Hadiah Menarik)

Search Engine Optimization, sebuah mesin yang tersemat pada platform guna meningkatkan performa website hingga masuk ke halaman terdepan mesin pencarian, layaknya Google, Bing, Yahoo, dsb.

SEO singkatannya. Tujuan pemakaian SEO untuk menambah popularitas halaman situs sang pengelola. Selainnya, untuk menambah omzet pendapatan, meningkatkan daya saing, serta menambah engagement target konsumen.
SEO singkatan dari Search Engine Optimization

Kedengarannya ekonomis banget ya?

Memang demikian halnya. website-website yang sangat peduli dengan SEO ini biasanya pengusaha beserta manajemen perusahaan.

Kuantitas sangat penting dalam bisnis. Oleh karenanya, mesin pengoptimal tersebut menjadi sedemikian urgent bagi para pebisnis, apalagi dengan makin bersinarnya disrupsi teknologi.


Teknik Awal Mengoptimisasi Pencarian Artikel


Untuk memaksimalkan mesin pencarian diperlukan book guide. Sayangnya, Blogspot tidak seperti WordPress dalam memberikan arahan penggunanya.

Pada WordPress terdapat alat bantu bagi users mereka mencapai nilai SEO friendly yang bernama Yoast. 

Software ini dapat membantu pengguna WordPress yang kesulitan dalam melihat algoritma Google. Yoast hanya terpasang bersama WordPress. Selainnya, tidak.

Meski demikian, pengguna Blogspot dapat mengaplikasikan langkah-langkah yang diberikan Yoast untuk memperkuat tulisan. Hal ini seperti yang disampaikan Rendy Doroii saat Workshop Blogger "Penulisan Search Engine Optimization" bersama Bank Mandiri, kemarin (7/8).

Jadi, pengguna Blogspot jangan langsung menyesal, ya!


Ceramah Rendy Doroii lebih menekankan pada 3 hal pertama yang harus diperhatikan:

- Focus keyword, sebuah kata yang menjadi pencarian utama pada artikel yang kita buat. Menurut pria yang menjadi praktisi media sosial semenjak 2008 itu, focus keyword harus berada pada judul, slug, meta-description. Hal ini wajib dikarenakan pada halaman pencarian Google terpampang ketiga konten tersebut.

Panjang judul, slug, dan meta-description pun perlu juga diperhitungkan. Tidak terlalu panjang akan menjadi penilaian algortima Google dalam menentukan pantasnya artikel kita tampil di halaman pertama mereka. Khusus untuk meta-description, 4 baris tulisan sudah menjadi batas maksimal. Meta-description adalah separagraf kalimat yang dikutip dari isi tulisan.

Bahkan, jumlah focus keyword di dalam isi harus pula diperhatikan. Matematis sekali metodenya. Jika di dalam tulisan kita terdapat 1000 kata, maka pastikan keyword utama kita hanya sebesar 0,5 hingga 2 persennya saja, atau sekitar 5 hingga 20 kata. Lebih dari itu Google akan menilai tulisan kita sebagai spam.

Sebagai tambahan, Rendy Doroii menyarankan peserta workshop untuk selalu menempatkan focus keyword ke-heading. Dengan demikian Google akan membacanya sebagai sebuah sub judul yang akan meningkatkan nilai SEO friendly.

- Naked Domain, sebuah nama unik yang berfungsi sebagai pengidentifikasi IP Address yang tidak menggunakan "www" di awal domain atau sub-domain lainnya. Seperti contoh, kamukamumau.com adalah naked domain. Sedangkan www.kamukamumau.com, bukan.

- SEO offsite, merupakan optimisasi SEO di luar website. Ringkasnya, SEO offsite dapat dilakukan dengan berbagi link ke sosial media milik kita. Teknik ini juga dapat dilakukan melalui backlink, di mana hal ini akan mempengaruhi tingkat P.R kita, atau Page Rank.
Rendy Doroii memperkenalkan dirinya. Dokpri

Backlink yang digunakan juga tidak boleh sembarang; jangan yang terindikasi spam. Usahakanlah mengarahkan pembaca kepada link-link yang terpercaya, seperti milik pemerintah, kajian resmi universitas, atau bahkan blog to blog yang sekiranya dapat dipertanggung-jawabkan. Lebih lengkapnya dapat dibaca di SINI.


Butuh - Tidak Butuh SEO

Kita pasti senang dong, tulisannya dibaca banyak orang. Apalagi kalau sampai masuk di halaman pertama pencarian Google. Bangga lah pastinya. Ibarat terima rapor sekolah dari wali kelas, dipanggil paling pertama bikin hati kita berbunga-bunga.

Tapi teknik semacam Yoast ini terlalu matematis dan kuantitatif. Dalam beberapa kasus, seorang penulis meng-copy-paste dari berbagai macam tulisan yang tersebar dari situs, lalu menjadikan tulisannya lolos dari seleksi software tersebut. Sehingga, jadilah karyanya yang plagiat itu dinilai SEO friendly.

Atau, ada juga sebuah kisah pedih. Tatkala sebuah tulisan masuk ke dalam halaman pertama situs pencarian, beberapa netizen merusak karya sang pemilik dengan mengiriminya spam. Hingga jatuhlah artikel sang penulis ke halaman paling akhir pencarian.

Melalui kedua kisah di atas dapatlah disimpulkan bahwa secara teknis SEO dapat dimanipulasi. Ianya hanya menjadi pekerjaan memasukkan konten ketimbang menciptakan karya tulisan bermutu.

Seperti yang dibahas di awal bahwa SEO memang diperuntukkan bagi perusahaan agar konten produknya senantiasa berada di halaman awal pencarian Google dan semacamnya. Mereka butuh kedekatan dengan calon konsumen di luar sana demi meraih simpati dan empati. Ujung-ujungnya, diminta beli.

Mencari perhatian semacam itu memang tugasnya penjual barang dan jasa. Kalau di dalam dunia penulisan, dikenal sebagai Content Writer.

Penulis konten adalah pekerjaan yang secara spesifik menulis konten pada platform internet. Menjaga awareness dan engagement melalui logika tulisan, meski kualitasnya gak perlu dibuat sedemikian bagus.

Seiring kehadiran disrupsi teknologi, pekerjaan content writer dapat digunakan oleh siapa saja. Bahkan seorang homey yang memiliki banyak relasi di sosial media lebih jago daripada penulis profesional. Hal ini dikarenakan kuantitas pemirsa lebih penting daripada kualitas karya tulisan.

Maka di era revolusi industri 4.0 ini, terjadi sebuah fenomena saling ketergantungan baru. 

Kalau dulu perusahaan butuh agensi periklanan, kini mereka membutuhkan selebgram dan nara-blogger kejar target yang mampu meningkatkan penjualan dengan biaya yang relatif murah.
Dokpri

Tidak ada yang salah sih, dengan kepedulian besar terhadap SEO friendly. Menjadi ramah dan menyenangkan itu kan sifat yang mulia, baik kepada sesama manusia ataupun mesin semacam serach engine optimization.

Namun, saya sependapat dengan penjelasan akhir Rendy Doroii di gedung Mandiri Inkubator Bisnis di bilangan Jakarta Selatan kemarin itu. 

Menjadikan mesin Yoast berubah hijau memang bagus, tapi jangan sampai merusak RUH tulisan kita sendiri adalah hal yang paling penting.
Di sela-sela diskusi Workshop. Dokpri



Penutup : Sebuah Tantangan


Jarang loh, menemukan penulis konten yang punya kualitas tulisan berstandar tinggi sekaligus SEO friendly. Karena kan biasanya mereka diberikan tenggat waktu yang minim.

Inti sebenarnya adalah, menjadi seorang penulis konten membutuhkan kedisiplinan tingkat tinggi.

Bayangkan, waktu membaca sedikit; mencari referensi sedemikian ketat; tulisan anti typo; ejaan harus yang disempurnakan, lalu tulisan harus muncul ke permukaan dengan jumlah pembaca yang telah ditargetkan. Berat kan?!

Maka dari itu, Bank Mandiri memberikan sebuah tantangan nih, buat kalian. Sebuah tantangan yang menunjukkan bahwa kalian punya potensi sebagai seorang content writer yang SEO friendly, memiliki tulisan bermutu, sekaligus mendatangkan banyak viewers.


Temanya iklan banget loh, ini : "kemudahan transaksi menggunakan Mandiri Online". Pasti kalian sudah terbiasa mendengarnya.

Lomba Blog dan SEO ini punya 2 kategori pemenang. Jadi, jangan khawatir hilang kesempatan mendapatkannya. Diantaranya :

Kategori Berdasarkan SEO

Juara 1 : Hadiah Laptop


Juara 2 : Hadiah Smartphone

Juara 3 : Hadian Action Camera


Juara Harapan masing-masing mendapatkan Mandiri e-cash sebesar Rp 200.000,- (5 pemenang)


Kategori Berdasarkan Kreativitas

Juara 1 : Hadiah Laptop

Juara 2 : Hadiah Digital Camera

Juara 3 : Hadian Hard Disk


Juara Harapan masing-masing mendapatkan Mandiri e-cash sebesar Rp 200.000,- (5 pemenang)


Seru kan? Maka dari itu, segera kirimkan tulisan kalian yang terbaik sebelum tanggal 7 September 2018! Segala ketentuan lebih lengkapnya bisa kalian dapatkan di bankmandiri.co.id bit.ly/lombaseomandiri.

Tunjukkan bahwa karya kalian memiliki RUH terbaik sebagai penulis konten Indonesia!

Komentar

Valka mengatakan…
Sekilas SEO itu njelimet ya, tapi kayaknya kalau udah menguasai gampang2 aja. Baru tahu juga kalau SEO bisa dimanipulasi.

Btw, itu hadiah lomba blognya menggiurkan banget. Jadi kepengen nyoba xD

Postingan Populer