Arsitektur Bukan Hanya Fondasi, Tiang, dan Atap, Ini Istilah yang Wajib Kamu Ketahui!

Arsitektur adalah bidang yang kompleks, dan bagi orang yang baru memulai, istilah-istilah teknis dan jargon khusus dalam arsitektur mungkin sulit untuk dipahami. Namun, pemahaman terhadap istilah-istilah tersebut adalah penting untuk memahami konsep arsitektur secara keseluruhan. 

"Arsitektur Bukan Hanya Fondasi, Tiang, dan Atap, Ini Istilah yang Wajib Kamu Ketahui!" Sumber : Unsplash/Chris Brignola


Yang perlu diketahui bahwa arsitektur bukan tentang fondasi, tiang, dan atap saja. Berikut adalah beberapa istilah arsitektur yang saya dapatkan melalui pencarian dari paket internet cepat untuk dipahami bersama-sama:

  1. Fasad

Fasad adalah bagian luar bangunan yang menghadap ke jalan atau ruang publik lainnya. Fasad dapat mengacu pada setiap sisi bangunan, tetapi biasanya merujuk pada sisi depan bangunan yang paling menonjol.

  1. Denah

Denah adalah gambaran skala yang menunjukkan tata letak bangunan dari atas. Denah biasanya menampilkan posisi dinding, pintu, dan jendela, serta bagian-bagian penting lainnya seperti tangga dan kamar mandi.

  1. Rancangan

Rancangan adalah sketsa awal atau konsep dasar dari bangunan yang akan dibangun. Rancangan ini merupakan tahap awal dari proses desain bangunan, dan seringkali melibatkan banyak perubahan dan revisi sebelum rancangan akhir disetujui.

  1. Skala

Skala adalah proporsi atau ukuran relatif antara bangunan dan lingkungannya. Skala dapat digunakan untuk memberikan pengertian tentang proporsi yang tepat antara elemen bangunan, 

serta tentang bagaimana bangunan akan berada dalam konteks lingkungan sekitarnya.

  1. Ketinggian

Ketinggian adalah ukuran vertikal dari bangunan, yang seringkali diukur dalam satuan meter atau kaki. Ketinggian bangunan dapat berdampak pada keseluruhan tampilan dan proporsi bangunan, serta pada efisiensi dan fungsionalitas bangunan.

  1. Massa

Massa adalah bentuk fisik dari bangunan yang terlihat dari luar, yang mencakup ukuran, bentuk, dan proporsi bangunan. Massa juga dapat digunakan untuk memberikan pengertian tentang penggunaan dan fungsi bangunan.

  1. Ruang

Ruang adalah area di dalam bangunan yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti kamar tidur, kamar mandi, atau ruang tamu. Ruang juga dapat digunakan untuk memberikan pengertian tentang penggunaan dan fungsi bangunan.

  1. Fungsi

Fungsi adalah tujuan utama atau penggunaan dari bangunan, seperti tempat tinggal, perkantoran, atau komersial. Fungsi juga dapat digunakan untuk memberikan pengertian tentang desain dan konstruksi bangunan.

  1. Material

Material adalah bahan yang digunakan untuk membangun bangunan, seperti batu bata, kayu, atau beton. Pemilihan material yang tepat dapat mempengaruhi keseluruhan tampilan dan kualitas bangunan.

  1. Struktur

Struktur adalah rangkaian elemen yang mendukung bangunan, seperti balok, kolom, dan dinding. Struktur dapat digunakan untuk memberikan pengertian tentang bagaimana bangunan didukung dan diatur secara fisik.

Istilah Arsitektur Berdasarkan Rancangan Bangunan

Nah, itu adalah istilah-istilah dasar dalam dunia arsitektur. Sedangan dalam rancangannya sendiri, arsitektur memiliki beberapa istilah. Diantaranya yang saya dapatkan melalui pencarian internet cepat dari IndiHome adalah sebagai berikut,


Void. "Arsitektur Bukan Hanya Fondasi, Tiang, dan Atap, Ini Istilah yang Wajib Kamu Ketahui!" Sumber : Stannard Homes


Pertama, Void. Void adalah ruang kosong yang berada di antara lantai bawah dengan lantai atas, menjadikannya dua atau beberapa lantai/tingkatan menjadi terhubung antara satu sama lainnya.


Balcony. "Arsitektur Bukan Hanya Fondasi, Tiang, dan Atap, Ini Istilah yang Wajib Kamu Ketahui!" Sumber : Unsplash/Francesca Tosolini

Kedua, Balcony. Atau, yang biasa kita sebut balkon. Dalam arsitektur, balkon adalah ruangan semi terbuka yang menonjol dari bangunan, dimana salah satu atau beberapa sisinya tidak ditutup penuh dengan dinding.


Drop Ceiling. Arsitektur Bukan Hanya Fondasi, Tiang, dan Atap, Ini Istilah yang Wajib Kamu Ketahui! Sumber : Arktura


Ketiga, Drop Ceiling. Istilah ini menunjukkan pada plafon yang dibuat menggantung dengan level ketinggian yang lebih rendah dibandingkan plafon lain disekitarnya. Drop ceiling yang dilengkapi dengan lampu akan menambah kesan estetik pada ruangan.


Mezzanine. "Arsitektur Bukan Hanya Fondasi, Tiang, dan Atap, Ini Istilah yang Wajib Kamu Ketahui!" Sumber : Dailysia

Keempat, Mezzanine. Istilah ini mengacu pada lantai tambahan yang diletakkan di tengah dinding suatu lantai bangunan, terhubung dengan lantai di bawahnya dan umumnya tidak dihitung sebagai bagian dari lantai bangunan.


Foyer. "Arsitektur Bukan Hanya Fondasi, Tiang, dan Atap, Ini Istilah yang Wajib Kamu Ketahui!" Sumber : Pixabay/David Mark

Kelima, Foyer. Pada bagian akhir artikel ini menjelaskan bahwa foyer adalah sebuah ruangan atau area yang menjadi perantara antara pintu masuk dan bagian dalam rumah, seperti ruang tamu, atau teras dengan ruang keluarga.

Namun tampaknya arsitektur juga musti memperhatikan kebutuhan manusia untuk mengakses paket internet cepat di rumahnya. Agar hal semacam instalasi kabel dan perangkat pendukung lainnya dapat terpenuhi tanpa perlu merusak nilai seni dari rancang bangunannya.

Kalau di rumahku berlangganan internet dari Telkom tidaklah kumulai dengan IndiHome saja. Sebagai pengguna Speedy, peralihannya ke IndiHome dengan paket internet cepat sempat dilalui dengan brand produk lain.

Saat ini di rumah, aku berlangganan IndiHome (internet only) dengan kecepatan 30 Mbps yang cuma butuh biaya Rp280 ribuan per bulan saja. Tarifnya terjangkau, internet dari IndiHome sudah mampu mengalirkan jaringan hingga lebih dari lima device di rumahku. Belum lagi adanya fitur Disney+ Hotstar, hobiku menonton film bisa terpenuhi tanpa batas.

Posting Komentar untuk "Arsitektur Bukan Hanya Fondasi, Tiang, dan Atap, Ini Istilah yang Wajib Kamu Ketahui!"