Tren Arsitektur Masa Kini, Mulai dari Hidup Berkelanjutan hingga Virtual Reality

Meski secara umum pengertian “arsitektur” adalah ilmu dan seni dalam mendesain serta merancang bangunan beserta strukturnya, tetapi masing-masing ahlinya memiliki pandangannya sendiri-sendiri. Berikut beberapa definisi arsitektur yang saya pribadi koleksi dari pencarian menggunakan paket internet cepat,

Pertama, Seorang arsitektur dari zaman romawi bernama Marcus Vitruvius Pollio berpendapat bahwa arsitektur kesatuan dari kekokohan/kekuatan, keindahan, serta fungsi atau kegunaan.

Kedua, Sedangkan dalam perspektif professor utama dalam studi arsitektur di Technische Hoogeschool te Bandoeng (cikal bakal ITB sekarang), Van Romondt, arsitektur adalah ruang yang menjadi tempat hidup manusia secara bahagia.

Dan terakhir, menurut pengajar di Princeton University’s School of Architecture, Robert Gutman, arsitektur adalah lingkungan buatan yang tak hanya menjembatani antara manusia dan lingkungan, melainkan juga wahana ekspresi kultural demi mengatur kehidupan jasmani, psikologis, dan juga sosial manusia.

"Tren Arsitektur Masa Kini, Mulai dari Hidup Berkelanjutan hingga Virtual Reality". Sumber : Unsplash/Yifei Chen


Dari ketiga sudut pandang para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa arsitektur bukan hanya sekedar fisik bangunannya atau status pemiliknya saja, tetapi juga bagaimana arsitektur dapat menciptakan keseimbangan pada diri manusia untuk menjadi bahagia, dan mengekspresikan apa yang menjadi kebutuhan serta interaksi antar-manusia di dalamnya.

Apalagi sekarang zaman dimana paket internet cepat mulai terpasang di rumah masing-masing. Arsitektur selalu berubah seiring dengan waktu dan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang. Pada masa kini, tren arsitektur mengalami perubahan yang signifikan dalam hal desain, teknologi, dan penggunaan bahan. Berikut adalah beberapa tren arsitektur masa kini yang patut untuk diperhatikan:

  1. Arsitektur Berkelanjutan

Dalam era yang semakin peduli pada lingkungan seperti sekarang, arsitektur berkelanjutan menjadi tren yang semakin populer. Konsep arsitektur ini menekankan pada penggunaan bahan yang ramah lingkungan, penghematan energi, dan manajemen limbah yang efektif. Desain bangunan berkelanjutan dapat mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, sementara tetap memperhatikan kenyamanan dan efisiensi bangunan.

  1. Desain Minimalis

Desain minimalis telah menjadi tren arsitektur selama beberapa dekade terakhir. Gaya ini menekankan pada kesederhanaan, kemurnian bentuk, dan penggunaan warna netral. Desain minimalis sering kali digunakan untuk rumah-rumah modern, hotel, dan gedung perkantoran. Tujuan dari desain minimalis adalah untuk menciptakan ruang yang bersih, terorganisir, dan efisien. Tapi ya, lagi-lagi kebutuhan akan paket internet cepat tidak dapat terhindarkan untuk selalu terpasang pada desain ini.

  1. Arsitektur Smart

Arsitektur pintar, atau yang biasa disebut dengan istilah "smart building," adalah bangunan yang dilengkapi dengan teknologi tinggi untuk meningkatkan efisiensi energi dan kenyamanan penghuni. Bangunan pintar dapat mengontrol suhu, pencahayaan, dan keamanan secara otomatis, serta memberikan informasi real-time tentang kinerja bangunan. Desain seperti ini biasanya terkoneksi secara keseluruhan dengan jaringan internet cepat. Arsitektur pintar tidak hanya dapat mengurangi biaya energi dan mengurangi dampak lingkungan, tetapi juga dapat meningkatkan produktivitas dan kenyamanan penghuni.

  1. Desain Inklusif

Desain inklusif, atau yang juga dikenal dengan istilah "universal design," adalah konsep arsitektur yang dirancang untuk memperhitungkan kebutuhan beragam pengguna, termasuk orang dengan kebutuhan khusus, lansia, dan anak-anak. Desain inklusif dapat mencakup penggunaan tangga yang mudah diakses, lampu yang terang, paket internet cepat hingga ke seluruh ruangan, dan penempatan kamar mandi yang tepat. Konsep ini menekankan pada kesetaraan akses dan kenyamanan bagi semua pengguna, tanpa memandang usia, kondisi fisik, atau latar belakang.

  1. Arsitektur Virtual
Arsitektur virtual, atau yang sering disebut dengan Virtual Reality (VR), adalah konsep arsitektur yang memanfaatkan teknologi virtual untuk memvisualisasikan desain bangunan secara real-time. Arsitektur virtual dapat membantu para arsitek dan pengembang untuk mengeksplorasi opsi desain yang berbeda dan mempercepat proses pengembangan proyek. Selain itu, arsitektur virtual juga dapat digunakan untuk memberikan pengalaman interaktif kepada pengguna, sehingga mereka dapat melihat bagaimana bangunan akan terlihat dan berinteraksi. Seperti saat ini, dimana semua bergantung pada internet, jadi tak mungkin kita akan meniadakan sama sekali satu teknologi tersebut. Maka satu-satunya cara adalah menggunakan internet dari IndiHome, produk andalan milik Telkom Indonesia.

Posting Komentar untuk "Tren Arsitektur Masa Kini, Mulai dari Hidup Berkelanjutan hingga Virtual Reality"