Hoki! Dunia Fantasi Memiliki 39 Wahana Permainan di Tahun Ini


"Kesuksesan dan pencapaian" tertinggi" adalah makna yang terkandung pada nilai sembilan, dalam catatan khusus sejarah Tiongkok. Sedangkan di Indonesia, angka 9 menjadi spesial karena kisah perjuangan para wali-wali Islam di bumi Nusantara. Kesimpulan singkatnya, angka tersebut menjadi isyarat mengenai puncak pencapaian manusia.

Terkesan mitos memang, namun itulah yang dipercayai sebagian penduduk Indonesia. Positifnya adalah, puncak pencapaian itu dapat diidentifikasi dalam bentuk simbol angka (meski semua angka sama baiknya).

Hal itulah yang mengingatkan saya ketika Eddy Prastiyo mengumumkan akan adanya sembilan wahana baru di Dunia Fantasi.

Dunia Fantasi yang terletak di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara merupakan salah satu taman bermain terbesar di Indonesia. Kehadiran sembilan wahana baru layaknya menunjukkan prestasi dan panjang umur bagi taman bermain yang telah dibuka pada 29 Agustus 1985 tersebut.
Dok. Pri

Lebih jelasnya, Ticha Desanti, Head Marketing Dufan, menambahkan bahwa kehadiran baru sembilan wahana merupakan sesuai visi yang dibawa mereka, yaitu : untuk membawa kegembiraan dan keajaiban bagi warga Indonesia.

Dufan Blogger Day

Demi menunjukkan apa itu visi Dunia Fantasi, dilaksanakan lah satu hari menjelajah taman bermain itu bersama para blogger berdomisili Jabodetabek. Masing-masing mereka diberikan privilese membawa tiga orang pendamping, dan diberi kebebasan menikmati sudut-sudut permainan di dalamnya.
Dok. Pri

Namun, sebelum memasuki kegiatan rekreasi, para undangan diberikan kehormatan sebagai rombongan pertama yang menyaksikan gerbang baru Dunia Fantasi. Gerbang baru tersebut memiliki nuansa ancient; benteng dengan menara yang seakan telah lama ditinggalkan oleh peradaban, namun di dalamnya terdapat pengalaman-pengalaman yang belum pernah disaksikan manusia sebelumnya.

Eddy Prasetiyo, Vice President Dufan menjelaskan secara detail perbedaan gate baru dengan yang lama, di mana pada gerbang baru ini ticket sales-nya bersebelahan langsung dengan gerbang masuknya. Sehingga, hal tersebut memberikan efisiensi bagi pengunjung untuk segera merasakan serunya wahana-wahana yang ada di dalam.
Dok. Pri

Demi mempercantik gerbang baru tersebut, pihak manajemen pun menempatkan 9 karakter Dunia Fantasi dalam bentuk pahatan tembaga yang berdiri menyambut pengunjung di depan gate. Ilustrasinya tentu menekankan kepada keseruan. Oleh karenanya, nanti, begitu pengunjung masuk ke dalam, mereka akan langsung disajikan Kawasan Dunia Kartun yang mana terdapat 9 wahana baru tersebut.

Lalu, seperti apakah 9 wahana baru itu? Dan, seperti apa Dunia Kartun yang dimaksud?

Hoki-nya Wahana Baru Dufan
"Sembilan wahana tersebut terdiri dari 8 wahana baru, dan 1 wahana yang telah di-upgrade," tutur Eddy Prasetiyo.

Begitu pengunjung melewati gerbang baru Dunia Fantasi, akan diinjak kawasan Dunia Kartun yang berisi arena-arena permainan baru menarik. Di antaranya :

1) Baling-Baling. Wahana penguji adrenalin ini dibangun hingga ketinggian 30 meter.  Pengunjung yang menikmati atraksi ini akan diayun dan diajak berputar hingga 360 derajat. Karena sarat akan tantangan, wahana ini hanya untuk kalangan remaja ke atas.
Wahana yang didatangkan langsung dari Jerman ini memiliki kapasitas 30 org, dan per jamnya mampu menampung hingga 600 orang. 

2) Paralayang. Wahana ini dibuat berdasarkan segmen anak-anak. Sensasi terbang di ketinggian tertentu akan membawa pengalaman mengasyikkan.

3) Turbodrop. Mekanismenya, pengunjung akan mendapatkan pengalaman dihempaskan ke atas sejauh 8 meter. Terasa menegangkan. Namun demikian, wahana berkapasitas 8 orang ini aman untuk semua umur.

4) Karavel. Nama lain wahana ini adalah Gallon Race. Wahana ini disegmentasikan untuk anak-anak. Sensasi yang diberikan berupa pengalaman melayang seperti gelombang udara, dengan pergerakan 360 derajat.

5) Kolibri. Wahana terbang alternatif lainnya. Disuguhkan untuk anak-anak yang memberikan sensasi terbang bersama karakter-karakter unik. Nantinya, permainan ini dikombinasikan dengan visual dunia kartun yang dikemudikan penumpang sendiri dengan ride berputar 360 derajat, dan gerakan naik-turun secara perlahan.

6) ZigZag. Wahana keluarga ini terdiri dari beberapa mobil listrik. Cara bermainnya adalah dengan mengendarai mobil tersebut menghindar dari mobil lainnya. Kapasitas permainan ini 20 mobil untuk maksimal 40 orang.

7) New Ontang-Anting. Nama lain permainan ini Wave Swinger, salah satu wahana paling populer di dunia. Wahana ini bergerak memutar searah jarum jam, dan memberikan sensasi melayang di udara.

8) Haunted Coaster. Ini lah wahana yang dikembangkan dari Rumah Hantu. Bedanya, kali ini terdapat indoor roller coaster. Perjalanannya bukan sekedar memberikan pengalaman adrenalin, tapi juga kisah-kisah menarik.

9) New Fantastique. Wahana ini menampilkan pertunjukan multimedia yang menarik, mulai dari koreografi, water frontier, dll.

Kesembilan wahana ini akan berdiri di Kawasan Dunia Kartun seluas 3,5 hektar. Dengan demikian, Dunia Fantasi memiliki lahan seluas 20 hektar. Melihat betapa luasnya kawasan Dunia Fantasi ini, dapat lah dibayangkan bahwa para pengunjung tak akan mampu mengelilingi wahana-wahana yang totalnya 39 unit itu dalam sehari.

Namun jangan khawatir, meski gerbang baru akan beroperasi dan wahananya akan bertambah 9 unit lagi, bukan berarti tiket Dufan secara otomatis akan naik. Eddy Prasetiyo memberikan jaminan tiket tetap pada harga biasanya. Jadi pengunjung tak perlu sungkan untuk datang kembali ke Dufan bersama keluarga dan kawan-kawan, di hari berikutnya.

Komitmennya adalah Dunia Fantasi senantiasa meningkatkan value dari biaya yang telah dikeluarkan pengunjung. Kehadiran sembilan wahana baru dalam kawasan Dunia Kartun adalah salah satu implementasinya.

Pada pertengahan tahun ini, 7 wahana akan bisa langsung dinikmati warga Indonesia. Lalu 2 wahana lagi akan hadir di akhir tahun.

19 komentar untuk "Hoki! Dunia Fantasi Memiliki 39 Wahana Permainan di Tahun Ini"

Nuna 24 Maret 2019 pukul 21.35 Hapus Komentar
Udah lama banget ih gak ke Dufan. Banyak yang berubah ya mas di Dufan? hehehe
Stafana Charis 25 Maret 2019 pukul 00.53 Hapus Komentar
Semoga aku bisa ngerasain dufan wkwk aku lebih suka wisata ke daerah soalnya.. hihi
Siti Marhamah 25 Maret 2019 pukul 03.25 Hapus Komentar
Wah samaan ya, aku juga ikutan yang acara Dufan Blogger Day. Keren ya om, Dufan nambah wahana baru langsung 9 wahana lagi, jadi tambah banyak pilihan klo kesana
Luella artistry 26 Maret 2019 pukul 06.44 Hapus Komentar
Wah skrg dufan makin variatif y. Udah lama ga ke dufan nih. Jd pengen explore kesana lagi.
Auda Zaschkya 26 Maret 2019 pukul 06.45 Hapus Komentar
Senangnya yang tinggal di dekat sana. Bisa sering2 ke situ. Have fun kakak..
Selvijua31 26 Maret 2019 pukul 06.51 Hapus Komentar
Dufan bakalan makin seru nih, ga akan pernah bosan jalan-jalan ke Dufan
Playingwitharvi 26 Maret 2019 pukul 07.58 Hapus Komentar
banyak juga ya ternyata, seingetku terakhir kali ke dufan aku cuma naik 2 atau 2 wahana gitu deh karna antrinya yg panjaaaaaaaaaang juga sih
jhoannisa 26 Maret 2019 pukul 09.33 Hapus Komentar
waaah banyak bgt😍 udah ga sabar nungguin wahana-wahana barunya😅
Demia Kamil 26 Maret 2019 pukul 12.31 Hapus Komentar
waaah udah lama banget nih aku ga berkunjung ke dufan, terakhir ke sana tu pas masih smp kelas 3, udah lama banget, jadi pengen main ke dufan lagi deh <3
YessiBayuDevi 26 Maret 2019 pukul 16.16 Hapus Komentar
Udah lama gak ke dufan tambah bagus aja dan banyak permainan barunya sekarang, Jadi pengen kesana.mKasih infonya kak
Hanat Futuh 26 Maret 2019 pukul 16.50 Hapus Komentar
Aku udah lama banget nggak ke sana mas. Udah makin banyak wahana ya. Apalagi yang terbaru langsung sembilan wahana. Mantep banget Dufan beneran. Btw acara blogger Dufan gitu undangan kah? Mas?
Putriistianaa 26 Maret 2019 pukul 17.17 Hapus Komentar
aku udah lama banget ga ke dufaan. jadi pengen kesana lagi apalagi ada mwahana baruu
Natara 26 Maret 2019 pukul 18.22 Hapus Komentar
Aiiiihhh asyiknya main main ke dufan, lebih seru lagi karena ada banyak wahana baru ya kak di dufan, btw wahana baru ini bakalan berimbas ke harga tiket dufan ga sih kak?
Farhati Mardhiyah 26 Maret 2019 pukul 19.29 Hapus Komentar
Serunya ada wahana baru di Dufan dan ada permainan ekstremnya lagi, udah lama banget ga main ke Dufan nih
Yurmawita 26 Maret 2019 pukul 20.30 Hapus Komentar
sudah lama banget aku mau ajak anak-anak ke DUfan, trimaksih infonya kak, ntar liburan deh semoga bisa terwujud ke Dufan
Cilya in Wonderland 26 Maret 2019 pukul 20.41 Hapus Komentar
39 wahana di Dufan? Wow keren..aku sudah lama ngga ke Dufan euy. Dulu permainan nya masih belum banyak. Sekarang sudah banyak ternyata ada 39. Mulai cek tanggalan kapan bisa main kesini yg ngga pas liburan supaya tdk ramai agar bisa puas
Afrilentin 26 Maret 2019 pukul 20.47 Hapus Komentar
Wah udah lama banget gak kedufan terakhir tahun 2008 deh apa 2009 ya kesana lupa jadi pengen kesana lagi cobain wahana barunya dufan
ANNISA BUDIARTI 27 Maret 2019 pukul 08.01 Hapus Komentar
Udah lama banget ngga ke dufan jadi kepengen coba 9 wahana barubya deh penasaran banget aku. Pastinya jadi leboh keren nih
Lily Kanaya - www.Glowlicious.Me 27 Maret 2019 pukul 08.25 Hapus Komentar
Udah lama banget kayaknya nggak ke dufan, terakhir itu pas masih pacaran. dan skrg sudah ada 39 wahana, wow kudu main nih ke sana :)